Workshop Pembuatan Multimedia Interaktif

BANTUL, KRJOGJA.com – Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pelatihan bagi guru SD dengan tajuk ‘Workshop Pembuatan Multimedia Interaktif Terintegrasi G Suite For Education Bagi Guru Sekolah Dasar.’ Kegiatan berlangsung di SD Ringinharjo, Bantul, sejak Rabu-Kamis (03-04/09/2020) dan Sabtu (12/09/2020) mendatang.

Pelatihan ini diselenggarakan UNY bekerjasama dengan Korwil Sewon dan Bantul diketuai oleh Tutik Saptaningsih MPd. Kegiatan ini merupakan realisasi Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Unggulan Tutik Saptaningsih kepada krjogja.com, Rabu (09/09/2020) mengatakan, dengan kegiatan ini guru SD diharapkan mampu menguasai pengembangan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).

“Pengembangan pembelajaran TPACK ini bermanfaat untuk melakukan pembelajaran daring,” ujarnya.

Dikatakan, dalam kegiatan ini, selama satu minggu peserta menyelesaikan Lembar Kerja Mandiri dan melakukan presentasi hasil karyanya, Sabtu (12/09/2020).

Peserta yang terdiri dari perwakilan guru SD se-Kecamatan Bantul tersebut dibekali beberapa materi. Hari pertama, peserta belajar mengenai Pembelajaran Bermakna melalui Pembelajaran Digital di SD yang disampaikan oleh Dr Ali Mustadi MPd. Selanjutnya materi mengenai Pembelajaran Daring di SD disampaikan oleh Octavian Muning Sayekti MPd dan dilanjutkan Google Suite: Google Classroom, Google Meet & Google Form disampaikam oleh Amalia Rizki Ardiansyah MPd. Peserta yang berjumlah 27 orang terlihat antusias mengikuti acara tersebut. Hal itu nampak dari kegiatan tanya jawab yang dilakukan.

Menutut Tutik Saptaningsih, masa pandemi Covid-19, guru harus senantiasa kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran di kelas mayanya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mendesain pembelajaran dengan mengaplikasikan multimedia interaktif dan juga video pembelajaran. Siswa yang notabene para generasi alpha akan sangat menyukai hal-hal yang berbau teknologi.

UNY

BERITA REKOMENDASI