Bersama Kader Pemuda Muhammadiyah Imogiri, Dosen UAD Gelar Pelatihan Sociopreneur

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi kepemudaan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di tengah masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah Cabang Imogiri dengan gerakan beras jempolnya yang memberdayakan para petani lokal.

Tim Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari M. Safar Nasir Dosen FEB UAD, Phisca Aditya dan Ahmad Raditya yang keduanya Dosen Teknik Elektro UAD. Program ini dimaksudkan bisa mengupgrade kemampuan sociopreneur dan digital marketing para kader Pemuda Muhammadiyah setempat dalam mengembangkan bisnis sosialnya.

Berbicara mengenai perspektif ekonomi untuk mewujudkan Sociopreneur di tingkat Cabang Ranting, M. Safar Nasir menyampaikan hadirnya Sociopreneur di saat pandemi sangatlah penting dan strategis di tengah masyarakat.

Untuk menutup celah celah yang tidak atau belum sempat tersentuh oleh Pemerintah maupun swasta. Selain menghasilkan keuntungan demi keberlangsungan usahanya dan juga kesejahteraan karyawannya, sebagian atau seluruh profit dari sociopreneur digunakan untuk misi sosial.

“Usahanya dijalankan secara professional dengan tujuan untuk memyelesaikan masalah sosial. Rata rata sociopreneur ini adalah seorang pengusaha yang mempunyai kemampuan modal dan pengalaman,” ungkap Dosen UAD yang juga Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah ini.

Phisca Aditya Rosyady menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali kader Pemuda Muhammadiyah Imogiri agar dapat mengembangkan bisnis sosialnya dan meningkatkan kemampuan berjualan secara online.

Dengan pemasaran online, maka diharapkan ekonomi umat akan bangkit dan mampu bertahan pada kondisi pandemi Covid-19 ini. Harapannya akan terus dikembangkan ketika pandemi Covid-19 berakhir nanti.

“Kami sangat membutuhkan pelatihan seperti ini, karena kader kami meskipun sudah lama mengembangkan usaha baik usaha sosial maupun pribadi namun nampaknya belum bisa optimal dan berkembang pesat,” ungkap Aan Fidianto selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Cabang Imogiri. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI