BSI

5 Prodi Universitas BSI Jadi Penguasa Teknologi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kemajuan teknologi saat ini mengalami peningkatan sangat pesat. Perkembangan revolusi industri menuju era society 5.0 membutuhkan seseorang yang dapat merancang, membangun, mengimplementasikan dan memelihara perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) serta jaringan komputer (network). Semua hal itu merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang penguasa teknologi. Untuk dapat menjadi penguasa teknologi, seseorang harus memahami dulu jurusan kuliah yang sesuai dengan teknologi.

Kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai kampus digital pun turut serta memberikan program studi (prodi) yang sesuai dengan kemajuan teknologi di masa depan. Berikut beberapa rangkuman prodi penguasa teknologi yang terdapat di kampus Universitas BSI:

1. Teknologi Komputer

Teknologi Komputer merupakan disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal desain, konstruksi, implementasi, serta pemeliharaan hardware dan software dan komponen perangkat keras sistem komputasi modern beserta seluruh peralatan yang dikendalikan computer (IEEE).

Rahmat Adi Purnama, kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI menjelaskan bahwa lulusan jurusan ini memiliki prospek karier yang sangat luas.

“Prospek karier yang luas dan dapat berkecimpung di berbagai bidang membuat lulusan prodi teknologi komputer dapat berkarir sebagai software engineering, arsitek jaringan komputer, hardware engineer, game developer, konsultan IT, robotics engineer dan lainnya,” jelas Rahmat dalam keterangan pers, Sabtu (15/5).

2. Sistem Informasi

Perkembangan teknologi informasi tak melulu hanya menghasilkan lulusan IT yang mampu bergelut dalam teknologi. Penguasa teknologi juga harus mampu berkecimpung dalam dunia bisnis, seperti jurusan sistem informasi (SI) yang memadukan antara sistem teknologi dengan dunia bisnis.

Sriyadi, kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI mengungkapkan bahwa lulusan sistem informasi menjadi lulusan yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

“Kemampuan dalam menciptakan, mengembangkan dan mengelola hardware maupun software dalam dunia bisnis menjadi nilai plus bagi lulusan ini. Tak hanya jago pemrograman, mereka juga mampu mengelola bisnis. Prospek karir prodi sistem informasi antara lain, Programmer, Computer Engineering, Web Developer, IT Planner, Software Engineer, Network Securty dan lain-lain,” jelasnya.

3. Sistem Informasi Akuntansi

Lulusan prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dipersiapkan secara pasti untuk menjadi seorang pakar IT Akuntansi. Jurusan ini mempelajari dua bidang ilmu secara bersamaan, yakni Sistem Informasi dan Akuntansi. Adi Supriyatna selaku kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI menjelaskan bahwa kedua bidang ilmu tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

“Jurusan ini mempelajari dasar akuntansi dan mengombinasikan dengan pemrograman sehingga lulusan ini dirancang menjadi analis sistem yang mampu menerapkan sistem informasi akuntansi pada organisasi. Prospek karier lulusan ini terbilang juga luas seperti, accounting analyst, data entry supervisor, programmer, accounting software implementor, dan lain-lain,” ungkap Adi.

4. Ilmu Komputer

Menjadi seorang profesional di bidang ilmu komputer menjadi cita-cita yang didambakan bagi generasi muda Indonesia. Tak ayal, kampus Universitas BSI sebagai kampus digital pun memberdayakan lulusan untuk mahir teori dan praktik melalui workshop, sertifikasi dan seminar. Rachmat Adi Purnama selaku kaprodi ilmu komputer Universitas BSI mengungkapkan bahwa jurusan ini memiliki beberapa keunggulan.

“Peluang kerja yang luas, mampu mengolah data, peka terhadap teknologi, mampu memperbaiki perangkat, paham proses informasi di komputer, dapat menjadi konsultan ilmu teknologi, mampu mengembangkan sistem, mampu mengembangkan dan membuat hardware maupun software, mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, dan banyak dicari perusahaan,” jelas Rachmat.

5. Teknologi Informasi

Majunya teknologi informasi membuat perusahaan banyak membutuhkan tenaga IT. Sehingga peluang kerja semakin terbuka lebar. Kaprodi Teknologi Informasi Universitas BSI, Hendra Supendar mengungkapkan setidaknya ada minimal 7 prospek karier lulusan teknologi informasi.

“Lulusan teknologi informasi mampu menjadi penguasa teknologi, karena profesi lulusan ini sangat dibutuhkan dalam perusahaan, seperti IT Consultant, Network Engineer, Software Developer, IT Support Analyst, System Analyst, Business Analyst, bahkan startup founder,” jelas Hendra.

BERITA REKOMENDASI