BSI

Jurnal Ilmiah Prodi Perhotelan UBSI Yogyakarta Terakreditasi Sinta

YOGYA, KRJOGJA.com – Penelitian merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban bagi setiap Dosen maupun mahasiswa.

Menurut Kepala Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Yogyakarta, Atun Yulianto, hal ini sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan Menteri Riset, tehnologi dan Pendidikan tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Rabu (3/3).

“Pelaksanaan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa Universitas BSI berada dibawah pengelolaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM),” tutur Atun.

Ia menambahkan, LPPM Kampus Universitas BSI memiliki standarisasi dalam format dan subtansi isi penelitian yang terencana, sehingga hasil penelitian dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat baik secara individu maupun kelompok.

“Luaran hasil penelitian akan disampaikan secara umum dalam bentuk publikasi artikel pada jurnal ilmiah untuk dimanfaatkan seluas-luasnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, tingginya minat dan kebutuhan publikasi dosen maupun mahasiswa pada bidang ilmu ini difasilitasi bagian LPPM untuk melahirkan dua penerbitan jurnal ilmiah dengan nama Jurnal Khasanah Ilmu dan Jurnal Pariwisata yang telah terakreditasi Sinta.

“Jurnal Khasanah Ilmu dan Jurnal Pariwisata merupakan media untuk menuliskan gagasan ilmiah dan hasil penelitian pada bidang Kepariwisataan, Perhotelan, Kuliner & Kebudayaan yang diterbitkan secara berkala setiap tahunnya pada Bulan Maret dan September.

Lanjutnya, redaksi jurnal menerima naskah hasil telaah baik teori maupun empiris dari hasil penelitian para akademisi, peneliti dan praktisi baik internal maupun eksternal yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan dimasyarakat.

“Dalam meningkatkan kualitas publikasi jurnal ilmiah, LPPM Univ.BSI berinisiasi dengan pengajuan akreditasi jurnal ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan,” katanya.

Setelah melalui tahapan proses akreditasi baik dari isi, substansi, format dan review akhirnya publikasi jurnal Program Studi Perhotelan kampus BSI Yogyakarta ditetapkan sebagai jurnal ilmiah nasional dengan peringkat akreditasi Sinta 4 pada akhir tahun 2019 dengan No. 30/E/KPT/2019 untuk jurnal Khasanah Ilmu dan No.36/E/KPT/2019 untuk Jurnal Pariwisata.

BERITA REKOMENDASI