BSI

Pemanfaatan Layanan Digital Perpustakaan Universitas BSI

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Hampir satu tahun lebih Indonesia melewati masa pandemi Covid-19, segala macam aktivitas yang semestinya biasa menjadi tidak terbiasa dengan berbagai larangan serta pembatasan sosial yang diterapkan saat ini demi mengurangi dampak penyebaran dan penularan virus corona. Dampak signifikan ini terjadi mulai dari sektor ekonomi hingga pelayanan publik, begitupun perpustakaan.

“Layanan yang semula dilakukan secara langsung tatap muka kini menjadi non tatap muka atau diakses secara virtual, oleh sebab itu kita tetap dapat mengulik informasi atau mencari referensi secara online dalam menunjang kegiatan akademik dengan memanfaatkan layanan digital yang ada yaitu repository BSI,” tutur staf perpustakaan Universitas BSI kampus Purwokerto, Ady Nugroho.

Ady memaparkan, bahwa repository BSI merupakan penyimpanan yang berfungsi untuk penggunaan manajemen data dalam sistem informasi, atau penggunaan untuk kumpulan jurnal atau karya tulis ilmiah yang terdigitalisasi dari civitas akademik Universitas BSI.

“Repository BSI dapat diartikan secara sederhana sebagai media penyimpanan karya tulis yang dihasilkan oleh civitas akademik Universitas BSI disimpan dan dipublikasi baik secara online.

Ia mengatakan, repository BSI membawa manfaat salah satunya untuk meningkatkan mutu akademik dan administrasi akademik, selain itu para mahasiswa maupun peneliti atau dosen Universitas BSI dapat leluasa mencari karya pustaka secara digital.

“Universitas BSI memiliki layanan digital salah satunya akses repository bagi mahasiswa terutama mahasiswa tingkat semester enam yang akhir-akhir ini membutuhkan referensi untuk mengerjakan tugas akhir. Laman Repository BSI dapat dimanfaatkan dalam menemukan referensi tanpa harus berkunjung ke perpustakaan saat pandemi,” ujarnya.

Ia menegaskan, di dalam repository BSI ini terdapat berbagai macam hasil penelitian baik dari mahasiswa maupun dosen yang terhimpun dalam sistem informasi dan terdigitalisasi. Layanan repository ini dapat diakses melalui laman repository.bsi.ac.id dengan melakukan login menggunakan NIM/NIP dan password yang sudah disediakan.

BERITA REKOMENDASI