BSI

Prodi Perhotelan Universitas BSI Bagikan Tips Sukses Bekerja di Hotel

YOGYA, KRJOGJA.com – Program studi (prodi) Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar webinar character building dengan tema ‘Membangun Karakter Adalah Kunci Sukses Bekerja di Industri’. Digelar secara daring melalui zoom, kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa semester 2 dari prodi perhotelan baik kampus utama maupun kampus Yogyakarta, pada Kamis (10/6) lalu.

Webinar menghadirkan pembicara selaku HRM Griya Persada Hotel Kaliurang Yogyakarta, Lamhot Hutapea. Lamhot juga merupakan salah satu alumni sukses Universitas BSI Kampus Yogyakarta angkatan 2014. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa membangun karakter diri adalah kunci sukses bekerja di hospitality industry.

“Membangun karakter diri membutuhkan proses dalam membentuk karakter, walaupun sulit, yakinlah pasti bisa jika kita berusaha. Selain membangun karakter diri, kita juga harus mengalami metamorfosis, yakni perubahan baik secara fisik dan mental kearah yang lebih baik lagi,” jelasnya dalam rilis yang diterima, Senin (14/6).

Pembangunan karakter diri harus dimulai dari sikap percaya diri. Karena sikap percaya diri dapat mengantisipasi tekanan dan masalah dalam dunia kerja. Sikap selanjutnya yakni pantang menyerah yang berkontribusi menuntun dalam kesuksesan walaupun telah gagal berkali-kali. Sikap berani bukan hanya dalam Tindakan saja, namun berani mengambil peran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah.

“Sikap lainnya dalam membangun karakter ialah komitmen yang menjadi keseriusan kamu dalam mengejar tujuan. Sikap strategis yang tertanam pada karakter membuat kamu berhati-hati dalam menyusun strategi untuk tujuan yang dicapai. Terakhir ialah sikap kreativitas yang mampu mencetuskan ide kreatif,” imbuhnya.

Lamhot juga membagikan tips agar dapat sukses bekerja di hotel. Pertama harus memiliki pengetahuan dan skill di dunia perhotelan, kedua memiliki attitude yang baik, ketiga melatih disiplin diri, kelima taat aturan kerja, dan terakhir menjadi pribadi yang baik dan selalu berpenampilan rapi.

“Ingat tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan, dan tidak ada kemudahan tanpa doa,” pesan Lamhot.

BERITA REKOMENDASI