BSI

Trend 2021, Berikut Daftar Jurusan Kuliah Paling Dicari Dunia Kerja

Jika sekarang masih duduk di bangku SMA/Sederajat dan baru akan kuliah tahun 2021 ini, mungkin akan butuh pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Hal ini berhubungan dengan jurusan kuliah yang paling dicari di dunia kerja. Dengan pilihan yang tepat maka bisa calon mahasiswa bisa langsung kerja selepas lulus.

Salah satu hal yang wajib dipertimbangkan yakni prospek kerja dari jurusan yang akan diambil. Seiring berjalannya waktu, ada banyak perubahan di bidang ekonomi dan industri yang memiliki dampak pada lowongan pekerjaan.

Ada baiknya memilih jurusan kuliah paling dicari di dunia kerja. Dalam beberapa tahun ke depan, kebutuhan dunia kerja masih akan banyak di bidang desain, teknologi, dan manajemen. Karena itu, pilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan ketiga bidang tersebut.

Tiga bidang ini, masih akan dicari dunia kerja dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Berikut jurusan kuliah paling dicari dunia kerja dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan:

1. Ilmu Komputer
Saat ini hampir semua pekerjaan dilakukan dengan sistem komputer. Ini membuat perusahaan apapun bidangnya akan selalu membutuhkan orang yang mengisi posisi sebagai staf IT untuk mengelola sistem komputer mereka.

Selain itu, untuk studi lanjut pascasarjana Ilmu Komputer menjadi jurusan kuliah paling dicari dunia kerja dengan bidang penelitian berskala nasional maupun internasional, didukung konsentrasi jurusan ilmu komputer yakni data mining, software engineering, dan image processing.

2. Ilmu Komunikasi
Ilmu komunikasi merupakan induk ilmunya, sementara turunannya seperti jurnalistik, hubungan masyarakat, periklanann dan sebagainya. Jika mengambil jurusan ini, nantinya akan mempelajari pemanfaatan teknologi dan inovasi baru seiring perkembangan jaman. Inilah yang menjadikan jurusan ilmu komunikasi sebagai jurusan kuliah paling dicari dunia kerja.

3. Teknik Informatika
Ilmu komputer dan teknologi informasi akan semakin berkembang. Tidak diragukan, bahwa jurusan Teknik informatika akan menjadi jurusan kuliah paling dicari dunia kerja. Web developer, computer programmer, dan software developer merupakan beberapa profesi yang banyak digeluti oleh lulusan jurusan ini.

4. Desain Komunikasi Visual
Desain komunikasi visual yaitu cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu seperti tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku.

Yang menarik, karena desain komunikasi visual menjadi jurusan yang belum lama beradaptasi di dunia perkuliahan di Indonesia, desain komunikasi visual menjadi jurusan kuliah paling dicari dunia kerja dilihat dari prospek kerjanya antara lain desainer grafis, ilustrator, fotografer, animator, web designer, dan biro konsultan desain.

5. Sistem Informasi
Jika kamu tertarik untuk belajar IT atau bisnis? Kamu tidak perlu memilih salah satunya. Karena dapat langsung pelajari keduanya bersamaan pada jurusan Sistem Informasi. Jurusan yang biasa dikenal sebagai manajemen informatika.

Prinsipnya, jurusan ini dikategorikan menjadi sistem pemrosesan transaksi, sistem informasi eksekutif, sistem pendukung keputusan, dan sistem informasi manajemen. Dengan latar belakang tersebut, berikut beberapa prospek pekerjaannya antara lain bisnis analis, web developer, projek manajer, e-commerce sistem developer, it manager, sistem analis. Berangkat dari prospek kerjanya, jurusan sistem informasi akan menjadi jurusan kuliah paling dicari dunia kerja pada tahun ini dan masa akan datang.

“Dari kelima jurusan kuliah paling dicari dunia kerja, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri memiliki tiga jurusan tersebut yakni program S2 pascasarjana magister Ilmu Komputer dengan peminatan data mining, software engineering, dan dan image processing,” tutur Ahmad Rifai, Kepala bagian Marketing and Communication (Marcom) kampus STMIK Nusa Mandiri, Kamis (21/1).

Sedangkan untuk S1 antara lain program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Bagi lulusan program transfer D3 kampus UBSI ke program S1 dan program pascasarjana magister Ilmu Komputer dibuka untuk mulai kuliah maret 2021.

“Untuk program S1 murni di kampus STMIK Nusa Mandiri dibuka untuk mulai kuliah September 2021, jadi jangan ragu untuk pilih kuliah di kampus STMIK Nusa Mandiri, karena semua jurusan kuliah yang ada menjadi cikal bakal SDM paling dicari dunia kerja dan industri,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI