Cegah Stigma di Masyarakat, PKM UMY Gelar Pelatihan CMHN

YOGYA, KRJOGJA.com – Laili Nur Hidayati, Ns.,M.Kep,Sp.KepJ, dosen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan pelatihan CMHN sebagai langkah pencegahan stigma di masyarakat.

Pelatihan berlangsung pada 4 Maret 2021 dan melibatkan 52 mahasiswa dan 52 masyarakat.

“Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk dapat membantu mencegah adanya stigma negatif dari masyarakat terhadap pasien yang sudah sembuh dari covid serta pentingnya tetap menerapkan protokol Kesehatan di masyarakat,” kata Laili.

Kegiatan pengabdian masyarakat sudah selesai dilakukan dengan memberikan pelatihan di masyarakat tentang community mental health nursing (CMHN) untuk mengurangi stigma yang ada di masyarakat. Pelatihan dilakukan secara online via Ms teams bekerjasama dengan mahasiswa blok Jiwa yang memfasilitasi akun yang digunakan sasaran masyarakat yang ikut pelatihan.

Pada Kamis, 04 Maret 2021 telah dilaksanakan Pelatihan Community Mental Health Nursing (CMHN) oleh mahasiswa PSIK 2017 yang sedang menempuh kuliah blok elektif CMHN. Kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan microsoft teams yang dihadiri oleh 52 mahasiswa dan 52 kader beserta dosen keperawatan jiwa PSIK FKIK UMY. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pelatihan mahasiswa dan kader sebelum melakukan supervisi dan home visit ke masyarakat.

BERITA REKOMENDASI