Dapat Sentuhan Media Digital, Emilia Bakeri Semakin Dikenal Luas

BANTUL, KRJOGJA.com – Pengembangan UMKM dengan pendekatan media digital di era pandemi Covid 19 dilaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Digelar di Dukuh Dagen, Pendowoharjo, Sewon, Bantul mulai tanggal 16 Januari 2021 – 17 Februari 2021. Masyarakat sasaran dalam program ini adalah pemilik Emilia Bakeri beserta dengan karyawannya. Tujuannya adalah memperluas pemasaran produk mitra secara online, meningkatkan produktifitas mitra serta meningkatkan pendapatan mitra.

Proses kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan virtual dan juga offline. Beberapa program kerja yang telah dilaksanakan diantaranya adalah program Pemasaran Online dan Offline, mengingat kondisi saat ini yang sedang berada di tengah pandemic Covid-19, maka pengabdian lebih menitikberatkan pada pemasaran online dimana pada program ini pemasaran online dimassifkan dengan memanfaatkan akun-akun media social masing-masing mitra.

Dalam program ini ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menyukseskan program ini yaitu dengan mengadakan ‘Sosialisasi Virtual terkait Optimalisasi Pemasaran untuk Menarik Minat Konsumen’ di tengah Pandemi yang bertujuan memberikan gambaran kepada mitra terkait bagaimana melakukan pemasaran yang baik di tengah pandemi. Setelahnya melakukan foto produk untuk mitra guna memberikan nuansa baru di instagram para mitra sekaligus sebagai strategi pemasaran.

Disamping itu, juga memberikan pelatihan langsung kepada mitra terkait bagaimana cara mengelola akun-akun media social mereka agar tetap eksis dan kekinian. Sedangkan untuk pemasaran offline dilaksanakan dengan mencetak brosur untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar daerah Bantul.

Program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan sangat membantu dan memberikan banyak wawasan terkait pemasaran online dengan menggunakan media digital. Semoga kedepannya silaturrahmi dan kerjasama ini dapat berlanjut.

“Mengingat setelah satu bulan diadakannya kegiatan pengabdian di Desa Pendowoharjo dan khususnya dengan mitra Emilia Bakery, semoga mitra dapat melanjutkan serta meyempurnakan pemasaran online dan offline secara massif, seperti membuat nuansa baru di akun social media para mitra dengan memberikan sentuhan- sentuhan baru agar akun sosial media mitra dapat menarik perhatian para konsumen. Selain itu, besar harapan kami agar mitra dapat berinovasi pada hal baru dan mitra bisa mengikuti trend yang kekinian saat ini untuk mendobrak produknya tanpa meninggalkan hal-hal yang menjadi tradisi baiknya,” ujar Erma Febriani, SPd MEd, dosen pembimbing kegiatan ini. (*)

BERITA REKOMENDASI