Dosen FEB UPNVY Raih Gelar Doktor UNS

YOGYA, KRJOGJA.com – Sultan, SE, M.Si dinyatakan lulus dalam ujian tertutup disertasi di Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Sebelas Maret (PDIE FEB UNS) (Sabtu, 02/10/21).

Ujian tersebut dilakukan secara hybrid (gabungan daring dan luring). Oleh tim penguji Sultan, SE, M.Si (Dosen FEB UPN Veteran Yogyakarta dan Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta) tersebut diperbolehkan untuk tidak melalui ujian terbuka karena yang bersangkutan telah mempublikasikan artikel dalam jurnal terindeks Scopus Q2. Dengan demikian promovendus dinyatakan lulus dan memperoleh gelar Doktor dari PDIE FEB UNS.

Promovendus menyusun disertasi “Harga Minyak dan Pertumbuhan Ekonomi dalam Siklus Bisnis Perekonomian Indonesia Periode 1970-2019, dengan promotor Dr. Albertus Maqnus Soesilo, M.S, ko-promotor 1 : Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu, SE., M.Si, dan ko- promotor 2 : Lukman Hakim, SE., M.Si., Ph.D. Penelitian disertasi tersebut bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi: harga minyak domestik, pertumbuhan ekonomi, inflasi dan nilai tukar di Indonesia periode 1970-2019 secara simultan dinamis.

“Harga Minyak Domestik dan Pertumbuhan ekonomi di Indonesia diharapkan mampu menjelaskan siklus bisnis perekonomian Indonesia”, jelas Sultan.

Selanjutnya keterkaitan hubungan antara Harga Minyak Domestik dan Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar USD saling mempengaruhi satu yang lainnya dalam siklus bisnis Indonesia. Diperlukan persamaan simultan untuk melihat keterkaitan antar variabel yang saling mempengaruhi tidak cukup hanya dengan persamaan tunggal.
Penelitian yang dilaukan oleh Sultan, SE, M.Si menggunakan model data simultan dinamis untuk menggambarkan hubungan antara variabel-variabel ekonomi yang pada kenyataannya bersifat dinamis. Estimasi parameter pada model Simultan ECM EG GMM (Time Series_Hac) menggunakan Generalized Method of Moments (GMM) yang dikembangkan oleh Arellano dan Bond. Metode estimasi GMM menghasilkan estimasi parameter yang memiliki sifat tak bias, konsisten dan efisien.

“Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel eksogen yaitu pertumbuhan ekonomi dan harga minyak dunia secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu harga minyak domestic”, ungkap Sultan, SE, M.Si.

Variabel eksogen yaitu harga minyak domestik dan APBN secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya variabel eksogen yaitu pertumbuhan ekonomi dan jumlah uang beredar secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu inflasi. Selain itu variabel eksogen yaitu harga minyak domestik dan suku bunga secara signifikan mempengaruhi koefisien variabel endogen yaitu nilai tukar rupiah terhadap Dollar USD.

Dalam ujian tertutup disertasi tersebut bertindak sebagai penguji Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si (Ketua Penguji/Dosen FEB UNS), Prof. Dr.Rahmawati, M.Si, Akt (Kaprodi PDIE FEB UNS), Dr. A.M Soesilo, M.Sc (Promotor/Dosen FEB UNS), Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu, SE, M.Si (Ko-promotor 1/Dosen FEB UNS), Lukman Hakim, SE, M.Si, Ph.D (Ko-promotor 2), Prof. Dr. Yunastiti, MP (Penguji 1/Dosen FEB UNS), Tri Mulyaningsih, SE, M.Si, Ph.D (Penguji 2/Dosen FEB UNS) dan Dr.Y. Sri Susilo, SE, M.Si (Penguji eksternal/Dosen FBE UAJY). Sultan, SE, M.Si lulus dengan predikat sangat memuaskan dengan IPK 4,0. (*)

BERITA REKOMENDASI