Dosen PBI UAD Perkuat Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMP Muhi Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk mengoptimalkan kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa Kelas Bahasa di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi Junior), Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melaksanakan kegiatan Penguatan Kelas Bahasa di SMP Muhi Yogya, yakni Motivation Training, Native Speaker Session dan Conversation Class. Kegiatan yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UAD ini, dilaksanakan secara daring.

Kegiatan Motivation Training bertema ‘Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing untuk Generasi Milenial’ menghadirkan pemateri dosen Prodi PBI UAD Azwar Abbas, M.Hum., yang diikuti oleh 45 siswa.  Kemudian, Native Speaker Session menghadirkan Ms. Immogen dari New Zealand dan diikuti 28 siswa dari kelas 7, 8, dan 9. Setelah sesi ini terlihat siswa semakin antusias berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris.

Selanjutnya, Conversation Class melibatkan Mahasiswa Prodi PBI UAD Meigar Larasati Dewi, Hartini, dan Siti Aminah sebagai mentor. Sebelum mengajar, mentor dibimbing oleh Dosen Prodi PBI UAD Arilia Triyoga, M.Pd.B.I. Materi yang disampaikan mencakup: Things Around Us, Asking and Giving Direction dan Asking and Giving Opinion.

Ketua Tim PPM UAD Ratri Nur Hidayati, S.Pd., M.Pd.B.I. menuturkan, kegiatan Penguatan Kelas Bahasa ini untuk memberikan motivasi agar siswa semakin percaya diri berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris. “Beberapa kendala siswa di Indonesia dalam belajar adalah kurang percaya diri, malu berlatih, dan takut salah,” ujarnya, Selasa (29/12/2020).

Menurut Ratri, hal ini perlu dihilangkan, mengingat era global sekarang ini, Bahasa Inggris semakin penting untuk dikuasai oleh generasi muda. Sementara itu, anggota Tim PPM UAD Khafidhoh, S.Pd., M.Pd.B.I., menyampaikan, kegiatan conversation ini juga melatih mahasiswa dalam bidang pengajaran.

Pada saatnya ketika mereka menjadi guru, tidak hanya kompetensi keilmuan bidang Bahasa Inggris yang dikuasai. “Namun, juga skill pedagogy, yang membutuhkan pengalaman dan jam terbang,” ungkapnya.

Sebagai Guru Pendamping dari sekolah, Esti Priyantini, M.Pd.I. sangat mendukung kegiatan Tim PPM UAD. Semula, siswa malu dan enggan untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Namun, kini sangat antusias.

“Harapannya, ke depan kegiatan ini dapat dikembangkan lagi sehingga akan menguatkan Kelas Bahasa, sebagai salah satu unggulan di SMP Muhi Yogya,” imbuhnya. (*)

BERITA REKOMENDASI