Dosen PPI Pascasarjana UMY Berdayakan Guru TK ABA Manfaatkan IT

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dosen Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Akif Khilmiyah memberdayakan guru TK ABA (IGABA) se Kelurahan Tamantirto Kasihan Bantul melalui pelatihan pemanfaatan IT untuk pembelajaran daring. Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) ini berlangsung di Laboratorium Micro Teaching Program Studi PAI UMY pada 13 Maret 2021 lalu dan diikuti 20 guru perwakilan dari 20 TK ABA se Kelurahan Tamantirto Kasihan Bantul.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru TK ABA dalam membuat media pembelajaran daring, agar lebih inovatif dan menarik minat siswa untuk belajar,” ujarnya Akif Khilmiyah di ruang kerjanya, Kamis (16/06/2021).

Kegiatan diawali dengan sosialisasi pengenalan macam-macam media pembelajaran dari yang masih sederhana pembuatan, sampai yang sudah menggunakan anaimasi dan suara. Kemudian, dilanjutkan dengan bimbingan teknis cara membuat media pembelajaran dengan menggunakan Handpon sampai cara membuat media melalui internet dan diakhir pendampingan diberikan pelatihan cara mengajarkannya dan pembuatan video pembelajaran secara mandiri.

Menurut Akif Khilmiyah, terjadi perubahan kesadaran pada para guru IGABA tentang keharusan merubah pola mengajar dari luring ke daring dengan memiliki kemampuan mandiri untuk membuat media pembelajaran. Hasil dari pelatihan ini 90% guru TK ABA menyatakan senang mendapat pelatihan pembuatan media pembelajaran ini.

Bahkan ada 95% peserta yang menghendaki tahun depan diadakan lagi, karena masih banyak guru TK ABA yang belum bisa membuat media pembelajaran seperti yang dilatihkan ini, karena hasilnya sangat menarik siswa untuk belajar. Sebanyak 85% guru merasa lebih percaya diri dalam mengajar kalau bisa membuat sendiri media pembelajarannya.

“Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan membuat media pembelajaran ini, karena didukung oleh fasilitas laboratorium yang lengkap dan pengajar yang ahli di bidang tehnologi pembelajaran. Harapannya tahun depan diadakan lagi biar semua guru TK ABA dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat media untuk memenuhi mutu pembelajaran daring,” kata Ketua IGABA Tamantirto Kasihan Bantul, Sukapti, S.Pd. (*)

BERITA REKOMENDASI