Dosen UAA Turut Berpartisipasi Kegiatan MB-KM Sebagai DPL Kampus Mengajar #2 Tahun 2021

YOGYA, KRJOGJA.com – Kampus Mengajar #2 merupakan salah satu program Kampus Merdeka. Kampus Mengajar yaitu sebuah program dimana mahasiswa diterjunkan ke sekolah baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah upaya dari Kemendikbudristek untuk turut serta berperan dan berbakti untuk mensukseskan literasi dan numerasi.

Pada Tahun 2021 ini, Indah Perdana Sari, M.Pd. dari Universitas Alma Ata terpilih sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Angkatan 2 dan ditempatkan sebagai DPL di SDN Balirejo, Muja Muju, Umbulharjo, Yogya.

“Program ini bertujuan membantu sekolah-sekolah yang mengalami kesulitan dalam pembelajarannya. Disisi lain, juga membantu sekolah yang terkena dampak pandemi Covid-19, khususnya dalam peningkatan SDM serta aplikasi teknologi informasi,” ujar Indah Perdana Sari.

Secara resmi Indah Perdana Sari telah menyerahkan mahasiswa kepada pihak sekolah yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah Wahyu Hastini, M.Pd. Adapun mahasiswa yang melakukan kegiatan Kampus mengajar di SDN Balirejo berjumlah 6 mahasiswa yaitu : Nova Feronika (PGSD UNY), Jesicha Hety Manika (TI UAD), Zahra Maimanati (PLB UNY), Winda Kartika Sari (PGSD UNY), Fidiyah Nadhili Rahmadani (TI UAD), dan Choirunnisa (Akuntansi UMBY).

Selaku DPL Indah Perdana Sari mendampingi mahasiswa mulai dari koordinasi dengan dinas, koordinasi dengan sekolah, penyusunan laporan dan pembuatan program kerja, pembimbingan mahasiswa dan juga mendampingi sharing session setiap 2 minggu sekali. Program kerja yang dilakukan mahasiswa tentunya tidak lepas dari penguatan literasi dan numerasi.

Selain itu, setiap mahasiswa mempunyai program secara madiri mulai dari pembuatan aplikasi peminjaman buku di perpustakaan, pendampingan ABK, pembuatan media pembelajaran baik media cetak maupun berbantuan teknologi, dan pelatihan pengelolaan uang saku. Mahasiswa juga turut serta dalam persiapan lomba Adiwiyata di SDN Balirejo.(*)

 

BERITA REKOMENDASI