Dosen UAD Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Antikorupsi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang bekerja sama dengan UKM Pramuka UAD menyelenggarakan acara penyuluhan wawasan kebangsaan dan pendidikan antikorupsi. Penyuluhan ini digelar secara online dengan tema ‘Habituasi Pendidikan Antikorupsi dan Wawasan Kebangsaan bagi Wali Peserta Didik di SD Muhammadiyah se-Kapanewon Depok Sleman Yogyakarta’.

Dalam kegiatan ini,pegiat pendidikan antikorupsi Trisna Sukmayadi, M. Pd, dan pegiat wawasan kebangsaan Suyitno, M. Pd.tampil sebagai narasumber.selain sebagai dosen di UAD, keduanya juga penyuluh antikorupsi KPK RI.

Trisna Sukmayadi mengatakan,acara ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dosen yang melibatkan mahasiswa UAD sejak tahun 2020 dengan tujuan memberikan penyuluhan melalui pengetahuan dan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan dan antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkup keluarga. Acara ini dilaksanakan melalui ruang virtual Zoom Meeting dari pukul 08.30-11.00 WIB.

“Acara ini sudah dimulai semenjak tahun 2020 dan terus berjalan hingga sekarang”
Trisna menambahkan,Antusias peserta yang menghadiri acara ini sangat luar biasa, dengan jumlah 100 peserta yang terdiri dari wali siswa, mahasiswa/umum, dan guru. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Depok Sleman Drs. H. Muh. Jumiran, M. Pd. I.

Dalam sambutanya, Jumiran menyampaikan bahwa pendidikan anti korupsi dan wawasan kebangsaan hingga saat ini harus terus disosialisasikan mengingat masih banyak masyarakat yang belum paham terkait hal ini.
“Saat ini masih banyak orang tua yang dari kecil belum mendapatkan pendidikan mengenai wawasan kebangsaan dan antikorupsi. Dibuktikan dengan tidak hafalnya sila-sila dalam pancasila, sehingga sangat diragukan bentuk pengemalannya,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan kegiatan PPM ini tidak hanya dilakukan pada jenjang SD saja, namun juga dapat dilakukan pada jenjang SMP di Depok Sleman. (*)

UAD

BERITA REKOMENDASI