Dosen UMY Beri Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Guru TK ABA di Sedayu

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM – Muhammadiyah) menyasar para guru TK ABA se-Sedayu. Para guru diberikan pelatihan pengajaran Bahasa Inggris secara daring dan telah dilaksanakan pada 26 – 29 Juni lalu.

Dosen FEB UMY, Margaretha Dharmayanti Harmanto SPd MHum mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru TK ABA se-Sedayu tentang bagaimana mengajar Bahasa Inggris. Dengan pelatihan ini diharapkan para guru mengetahui dan mengajarkan bagi siswa-siswi TK atau tentang ‘Teaching English to Young Learners’.

Kegiatan bagi para guru TK ABA se-Sedayu ini diawali dengan focus group discussion (FGD) pada tanggal 12 Juni 2021. Kegiatan FGD ini bertujuan untuk sosialisasi kegiatan pelatihan, seklaigus untuk berdiskusi secara lebih jauh kepada para guru tentang materi Bahasa Inggris yang mereka butuhkan dalam kegiatan belajar mengajar (need analysis).

“Dalam FGD ini juga disepakati kegiatan pelatihan akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Kegiatan berupa pelatihan bagi guru-guru TK ini dilaksanakan secara daring karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19,” jelas Dosen Bahasa Inggris Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, Margaretha Dharmayanti Harmanto kepada KRJOGJA.com, Kamis (08/07/2021)

Pelatihan pertama dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2021. Pada pelatihan pertama hadir pula Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Sedayu, Hj Sukarni SH MA yang sekaligus membuka kegiatan.

Pelatihan pertama Margaretha Dharmayanti Harmanto memberikan materi dengan mengangkat tema tentang ‘Establishing Routines in the Classroom’ dan ‘Listen and Do’. Sedangkan pada pelatihan kedua, tanggal 29 Juni 2021 topik yang diangkat yakni ‘Listen and Make’ dan ‘Speaking with Support’ dengan pemateri Luluk Iswati SPd M Hum yang juga Dosen Bahasa Inggris di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY.

Sementara itu Sukarni menyambut baik kegiatan penyabdian masyarakat ini. Ia menyampaikan para guru-guru TK saat ini perlu untuk selalu mengikuti perkembangan jaman dan diharapkan dengan pelatihan ini akan semakin menambah wawasan para guru TK Aisyiyah, sehingga kegiatanbelajar mengajar (KBM) juga menjadi lebih berkembang dan berkualitas. “Dengan KBM yang berkualitas, calon siswa siswi akan datang dengan sendirinya meskipun sekolah itu tidak melakukan promosi,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Sekolah TK ABA Aisyiyah Argomulyo, Suharningsih SE mengatakan pelatihan ini bagus dan sangat menginspirasi mereka sebagai pendidik PAUD untuk bisa mengenalkan Bahasa Inggris secara menyenangkan. Pelatihan pengajaran ini menurutnya sangat menarik dapat menambah wawasan untuk mengajarkan Bahasa Inggris secara ‘fun’ kepada siswa-siswi mereka. (*)

UMY

BERITA REKOMENDASI