Gandeng Pemuda Desa UMY Bentuk Posbindu PTM di Banyusri Klaten

KLATEN, KRJOGJA.com – Magister Keperawatan (Pasca Sarjana UMY) menggandeng pemuda kader kesehatan Dukuh Banyusri, Krajan, Jatinom, Klaten menginisiasi pembentukan Posbindu (penyakit tidak menular) PTM.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan hari Sabtu hingga Ahad (27-28/3/2021). Program ini dilaksanakan untuk mengenalkan pada masyarakat apa itu PTM, bagaimana deteksi dininya, serta memberdayakan masyarakat untuk mengelola Posbindu PTM.

“Kegiatan diawali dengan FGD untuk mengenalkan apa itu Posbindu PTM dengan mengundang perwakilan dari setiap kelompok umur, yaitu remaja, bapak-bapak dan ibu-ibu pada tanggal 13 Maret 2021. Hasil pertemuan semua sepakat untuk diadakan Posbindu PTM di Dukuh Banyusri sekaligus terbentuk kader – kader yang bertugas di Posbindu,” ujar Dr Nur Chayati S Kep Ns M Kep, dosen pembimbing program ini.

Kegiatan kedua adalah pelatihan kader pada tanggal 27 Maret 2021. Sebelumnya semua kader di ajari tata cara pengisian KMS Posbindu oleh Ibu Ema Waliyanti S Kep Ns MPH, kemudian kader di bagi 3 kelompok kecil, kelompok 1 untuk pemeriksaan berat badan, tinggi badan dan lingkar perut. kelompok 2 untuk pemeriksaan tekanan darah dan kelompok 3 untuk pemeriksaan darah.

BERITA REKOMENDASI