‘Gendis Jawi’ Berbasis Kader Sebagai Mitra Pelayanan Kesehatan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelatihan pengembangan Rumah Sehat “Gendis Jawi” berbasis kader sebagai mitra pelayanan kesehatan dilaksanakan pada 31 Maret 2021. Kegiatan dikuti oleh lima belas peserta yang terdiri dari kader, dukuh dan penderita DM di Dukuh Sorolaten.

Metode pelatihan yang dilakukan adalah dengan cara diskusi kelompok. Sebelum diskusi kelompok, dokter menyampaikan materi secara tatap muka dan mendemonstrasikan tata cara pemeriksaan kesehatan. Materi langsung disampaikan oleh Dr. dr. Mahendro Prasetyo Kusumo, MMR, FISPH., FISCM., AIFO-K.

Tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader. Diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan kader dapat meringankan beban pemerintah dalam membiayai pasien DM. Saat pelatihan seluruh partisipan memberikan respon positif dengan cara mendengarkan setiap pernyataan yang disampaikan oleh pemateri.

Selain itu, sebagian besar peserta aktif mengajukan pertanyaan seputar faktor resiko DM dan upaya-upaya untuk mengendalikan DM. Pelatihan yang telah dilakukan diharapkan dapat meningkatkan wawasan kader dan dukuh sehingga mampu menjamin keberlangsungan program Gendis Manis dengan baik. Kader dan Dukuh diberikan panduan dalam bentuk buku yang berjudul Buku ‘Menuju Sehat Dan Mandiri’. Buku tersebut berisikan materi-materi terkait DM yang dapat digunakan sebagai acuan kader dan dukuh ketika akan melaksanakan edukasi.(*)

BERITA REKOMENDASI