Hadapi Hoax, UMY Gandeng PCA Ngampilan Gelar Literasi Media Sehat

YOGYA, KRJOGJA.com – Derasnya informasi yang tersebar di media massa dan media sosial harus disikapi dengan hati-hati. Kemampuan akan literasi media sangat penting dikuasai saat ini.

Hal ini yang mendasari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Pimpinan Cabang Aisiyah (PCA) Ngampilan bersinergi bersama menghadapi hoaks melalui serangkaian kegiatan bertemakan Melalui Literasi Media Sehat.

“Awalnya Tim Pengabdian Masyarakat UMY melakukan wawancara dan observasi dan memang banyak anggota dan pengurus PCA Ngampilan secara aktif sebagai konsumen media terutama televisi, internet terutama whatsapp,” kata Ketua Tim PPM  UMY, Dr Adhianty Nurjanah MSi. Sebagai anggota adalah Dr Dyah Mutiarin MIP.

Adhianty Nurjanah yang juga dosen Ilmu Komunikasi UMY mengatakan, pengabdian masyarakat ini memang dilakukan berdasarkan kebutuhan anggota PCA Ngampilan yang selama ini membutuhkan literasi media terutama untuk menghadapi hoaks di era digitalize seperti sekarang ini.

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen melalui beberapa tahapan yakni FGD dengan pengurus PCA Ngampilan  melakukan assesment terhadap permasalahan rendahnya kesadaran bermedia yang sehat, pelatihan literasi media sehat, penerbitan buku literasi media sehat  dan pendampingan.

Dikatakan Adhianty, media sosial muncul sebagai media baru dan saat ini mayoritas masyarakat mengkonsumsi media sosial. Media sosial memampukan kita untuk dapat bertukar informasi dengan semua orang tanpa batasan jarak dan waktu.

Saat ini, pemberitaan bohong atau palsu (hoaks) menjadi fokus perhatian terutama di media sosial. Hoaks merupakan informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya.

Dengan kata lain hoaks juga bisa diartikan sebagai upaya pemutarbalikan fakta, informasi seolah-olah meyakinkan tetapi tidak dapat diverikasi kebenarannya.

“Harapannya dengan literasi media ini ibu-ibu anggota dan pengurus Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Ngampilan mampu menjadi insan yang cerdas menghadapi hoaks dengan selalu “tabayun” terhadap informasi yang didapatkan sebelum mengkonsumsi apalagi menshare kepada yang lain,” jelas Adhianty.

Acara pelatihan yang dikemas sebagai sharing session pada Rabu 19 Feb 2020 ini diikuti antusias oleh seluruh pengurus dan anggota Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Ngampilan.

Pada  kesempatan ini juga dihadiri Ketua PCA Ngampilan Hj Siti Bari’ah yang menyambut baik dan berterimakasih kepada Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan harapannya kegiatan ini bisa dilanjutkan sehingga PCA Ngampilan bisa berkemajuan dan seluruh anggota dan pengurus mampu menjadi insan yang cerdas terutama saat mengakes informasi di media sosial. (*)

BERITA TERKAIT