Indonesia Ajak Negara G20 Kuatkan Komitmen Pulihkan Learning Loss Dunia Pendidikan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Kelompok Kerja Pendidikan G20, Iwan Syahril menilai learning loss yang menjadi ancaman dunia pendidikan dunia akibat pandemi Covid-19 dapat ditangani dengan sejumlah upaya bersama.

“Kita menangkap bahwa ketika pandemi ini pendidikan kita sudah keluar dari track-nya. Banyak persoalan kompleks,” ujar Iwan dalam diskusi di FMB9, disiarkan melalui akun Youtube FMB9, Kamis (23/6/2022).

Iwan Syahril mengatakan yang dibutuhkan dunia saat ini adalah pemaknaan bahwa pendidikan berkualitas untuk semua dapat dicapai dengan menguatkan komitmen bersama di antara semua negara. Learning loss bukan cuma persoalan domestik sebuah negara, tapi juga berdampak terhadap negara-negara lain dalam konteks global.

Iwan mengatakan, learning loss yang terjadi terhadap negara-negara biasanya didominasi oleh kelompok rentan baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Dalam konteks itu kelompok tersebut perlu mendapatkan proteksi dalam pemenuhan pemulihan pendidikan.

“Dari sini Indonesia mengajak negara-negara G20 untuk menguatkan komitmen untuk melindungi kelompok yang paling rentan secara global. Kelompok rentan ini tidak bisa dimaknai secara domestik, tetapi juga negara-negara yang sudah lebih maju masih perlu untuk terus diperkuat,” ujar Iwan.

BERITA REKOMENDASI