Jelang Wisuda, Mahasiswa UNRIYO Jalani Tes GeNose

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) akan melaksanakan wisuda bagi 614 calon wisudawan lulusan Diploma dan Sarjana di Ballroom Indraprasta Sahid Jaya Hotel and Covention Babarsari, Selasa (06/04/2021) mendatang. Wisuda akan dilaksanakan secara daring maupun luring dengan menerapkan protol kesehatan yang sangat ketat. Prosesi wisuda juga digelar melalui aplikasi Zoom serta dapat diakses langsung dari channel YouTube http://bit.ly/WisudaUNRIYO.

Seperti dikatakan penganggungjawab pelaksana wisuda UNRIYO tahun 2021, Dr. Fransiska Lanni, MS wisuda daring sengaja digelar bertujuan mendukung program pemerintah dalam mengatasi pandemi. Dengan adanya kerumunan berlebihan dikhwatirkan berpotensi menjadi klaster penularan baru.

“Selain itu karena sebagian calon wisudawan juga pulang ke daerah masing-masing dan bekerja atau halangan tertentu, sehingga tidak memungkinkan mereka untuk mengikuti prosesi wisuda luring,” kata Fransiska Lanni yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ditemui di Kampus UNRIYO, Sabtu (03/04/2021).

Ia mengatakan banyak hal yang harus disiapkan untuk dapat menggelar wisuda dalam kondisi seperti ini, guna memberi layanan terbaik kepada calon alumni. Harapannya wisudawan tetap dapat mengikuti prosesi wisuda dengan baik dan aman.

Ketua Panitia Sri Hasta Mulyani, S.Kom., M.Kom menambahkan kepada semua calon wisudawan daring, panitia sejak sebulan lalu telah mengirimkan paket busana dan atribut resmi wisuda seperti toga, jubah, samir hingga buku panduan yang nantinya digunakan saat prosesi wisuda agar tetap berjalan khidmat. Jaringan dan dukungan IT juga telah disiapkan panitia agar acara wisuda dapat diakses secara baik oleh para calon wisudawan daring dan para keluarga wisudawan

Sebelum hari H, semua calon peserta wisuda maupun panitia dan senat akademik wajib menjalani tes GeNose di Kampus II UNRIYO kawasan Tajem Sleman yang pelaksanaannya bekerjasama dengan tim dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Dengan demikian semua yang hadir dalam prosesi wisuda luring telah dipastikan negatif Covid-19.

“Tes GeNose dilaksanakan bagi semua anggota senat, panitia dan wisudawan serta vendor yang terlibat. Bila ada yang dinyatakan positif maka akan tes ulang, jika tetap positif maka dilakukan tes swab antigen selanjutnya dilakukan prosedur untuk penderita terinfeksi Covid-19,” kata Sri Hasta Mulyani.

Untuk mempersingkat waktu, maka prosesi wisuda hanya akan dilakukan pada perwakilan wisudawan terbaik dari 13 program studi yang diikuti secara simbolis oleh para wisudawan lainnya. Panitia dan tamu undangan juga sangat dibatasi, sehingga beberapa sambutan telah disiapkan dalam bentuk rekaman. (*)

BERITA REKOMENDASI