Kampung Komplementer, Inovasi Pelayanan Terapi Berbasis Komunitas

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Situasi pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang besar terhadap semua bidang kehidupan termasuk kesehatan. Menghadapi situasi pandemi seperti ini, maka diperlukan upaya untuk mengendalikan dan mencegah penularan Covid-19. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan ketahanan masyarakat, melalui peningkatan kesehatan individu.

Daya tahan tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan, utamanya melalui kebiasaan hidup sehat antara lain menjaga kebersihan, asupan nutrisi yang baik. Ditambah lagi dengan penggunaan suplemen kesehatan dan ramuan herbal obat tradisional yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kampung komplementer hadir sebagai salah satu inovasi pelayanan terapi komplementer berbasis komunitas. Ketua Inisiator Program Kampung Komplementer, Rahayu Widaryanti, SST, M.Kes menjelaskan tujuan dari kampung komplementer ini yaitu mengembangkan pelayanan kesehatan berbasis komplementer pada masyarakat berorientasi pada upaya promotif dan preventif.

“Seperti penggunaan herbal, penggunaan terapi manipulatif dan sistem tubuh (bekam, accupoint, akupresur, pijat bayi, yoga). Juga terapi olah pikir (hypnoterapi dan NLP) yang dapat meningkatkan imunitas sehingga mengurangi risiko terserang penyakit,” kata Rahayu Widaryanti yang juga sebagai dosen Kebidanan Program Sarjana UNRIYO.

Ia menambahkan kegiatan ini berupaya untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah untuk dikembangkan. Dengan itu diharapkan dapat diterapkan pada lingkungan keluarga, untuk jangka panjang potensi tersebut dapat dikembangkan sehingga mendatangkan manfaat secara ekonomi.

Anggota Tim Inisiator dan juga sebagai Dosen Keperawatan Program Sarjana UNRIYO, Ns. Muflih, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom menambahkan program kampung komplementer ini pertama kali diterapkan di Dusun Karangrejo Karangnongko Tirtomartani Kalasan Sleman. Walau baru pertama kali namun program ini langsung mendapat rspon positif dari masyarakat.

Kampung komplementer merupakan program yang diinisiasi oleh Dosen UNRIYO dengan pendanaan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2021. Rangkaian program ini dilaksanakan sejak Mei dan berakhir pada Desember mendatang.

Untuk mendukung kegiatan kampung komplementer, Marselina Endah Hiswati, ST, MCs selaku tim inisiastor dan Dosen Program Studi Informatika Program Sarjana UNRIYO membuat website yang bertujuan untuk media edukasi dan media branding kampung komplementer. Website dapat di akses pada laman https://www.komplementer.web.id/ dan selain itu kampung komplementer juga menggunakan media sosial untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. (*)

BERITA REKOMENDASI