10 Tahun Lagi, PT Muhammadiyah Ungguli PTN

SEMARANG (KRjogja.com) – Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad PhD dan Sekretaris Majelis Dikti Litbang Mohammad Sayuti MPd MEd PhD berharap besarnya jumlah perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) di seluruh Indonesia yaitu 177 PTM bisa segera diimbangi dengan peningkatan mutu lewat peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, peningkatan budaya akademik dan tata kelola SDM serta keuangan yang baik. 

Selain itu, kata Prof Licolin perlunya penajaman kekhasan bidang ilmu tertentu di PTM sebagai salah satu upaya daya saing yang baik.
"Majelis Dikti mendorong tiap dosen PTM bisa menjadi doktor dan meraih jabatan akademik tertinggi guru besar, karena cita-cita dosen sejak dia komitmen menjadi dosen harus bisa meraih puncak jabatan guru besar. Muhammadiyah ingin setiap PTM menjadi kuat, berdaya saing dan berkemajuan," kata Prof Lincolin pada acara Pembinaan Dosen PTM yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) di kampus setempat.

Menurut Prof Lincolin sebagai perguruan tinggi swasta PTM punya keleluasaan dalam pengelolaan dan peningkatan kualitas sehingga saya yakin dalam kurun 10 tahun ke depan akan banyak PTM yang kualitasnya melebihi perguruan tinggi negeri (PTN) asalkan benar dalam kebijakan pengembangan SDM dan berjalan pada jalan yang benar (right track). (Sgi)

BERITA REKOMENDASI