179.630 Siswa Belum Daftar SNMPTN

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 119.630 siswa tercatat sudah login SNMPTN tetapi belum mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dimulai sejak 21 Februari. Padahal, penutupan dilakukan6 Maret pukul 23.57 WIB. 

Ketua Panitia SNMPTN/SBMPTN Ravik Karsidi Rabu (07/03/2018)
Kemudian yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah finalisasi 586.154 siswa. SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur nilai rapor. 

"Mereka yang bisa mendaftar SNMPTN adalah para siswa kelas XII SMA atau sederajat yang data akademiknya sudah tercatat dan terverifikasi pada sistem Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)," kata Prof Ravik.

Prof Ravik menjelaskan pengisian dan verifikasi pada PDSS telah berlangsung pada 13 Januari hingga 10 Februari 2018. Kemudian pendaftaran SNMPTN dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret 2018. Adapun hasil seleksi diumumkan pada 17 April 2018.

"Masing-masing siswa yang mendaftar SNMPTN bisa memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Apabila memilih dua PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya, apabila memilih satu PTN, pendaftar boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun," tandasnya.

Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Sementara, urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Sementara itu, khusus untuk pendaftar berstatus siswa SMK, hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.

Sementara daftar PTN yang bisa dipilih oleh pendaftar SNMPTN 2018 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran. (Ati)

 

BERITA REKOMENDASI