2 Professor Taiwan Beri Kuliah di Unika

SEMARANG,KRJOGJA.com – Dua pakar komputer yang juga dosen Departement of Computer Science and Communication Engineering Providence University Taiwan Prof Chen Lun Hung PhD dan Prof Yen Tu Tsai PhD selama 3 hari (28-30/11/2017) memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa Prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Semarang mengenai Deep Learning dan Algoritma.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika  Erdhi Widyarto Nugroho ST MT kepada pers sesaat sebelum kuliah tamu Selasa (29/11/2017) menyatakan kedatangan 2 profesor Universitas Providence Taiwan ini merupakan hibah dari pemerintah Taiwan untuk mitra-mitra Perguruan Tinggi di Taiwan. 

Kedatangan pakar reputasi internasional bidang komputer ini sebagai kuliah tamu kedua bagi mereka di Unika. Selain kuliah tamu, Fakultas Ilmu Komputer juga membuat kesepakatan kuliah dua gelar dengan College of Computing and Informatics di Providence University, dengan masa studi 1 tahun di kampus Taiwan.  

Program ini merupakan salah satu dari kegiatan internasional yang sudah berjalan selain pertukaran mahasiswa dan dosen, publikasi mahasiswa dan dosen di prosiding maupun jurnal internasional, dan tugas studi di kampus mitra luar negeri.

Prof Chen Lun Hung PhD dan Prof Yen Tu Tsai PhD menyatakan pada mahasiswa mereka menyampaikan perlunya mahasiswa ilmu komputer mempelajari deep learning, algoritma, artificial intelegence dan aplikasi penggunaannya di berbagai bidang kehidupan. 

Misalnya untuk e-commerce untuk bisa memberi gambaran atau identifikasi mana produk yang bagus dan mana yang kurang bagus pada masyarakat pengguna sehingga bisa memberi rekomendasi produk dengan tepat pada masyarakat. Juga dipakai pada dunia kesehatan misalnya untuk diagnosis suatu penyakit seperti kanker kulit dengan cara sederhana.

"Masyarakat cukup memfoto kulit tangan misalnya lalu diupload ke sistem dan akan keluar hasilnya jenis kanker kulit yang bagaimaa dan cara mengobati serta obat obatan apa yang diperlukan." (Sgi)

BERITA REKOMENDASI