2019, Ada 1.005 Jurnal Ilmiah Diakreditasi SINTA

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) merilis hasil akreditasi jurnal ilmiah periode VII. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan terdapat 1.005 jurnal ilmiah yang terakreditasi di periode kali ini.

"13 Desember 2019 lalu (SK keluar) untuk jumlah 1.005 jurnal," kata Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi/BRIN, Muhammad Dimyati, di Jakarta.

Total jurnal ilmiah yang terindeks SINTA sampai 31 Desember 2019 sebanyak 4.602.  Dengan jumlah terbanyak berada di kategori SINTA 4 yakni 1.289 jurnal. SINTA memiliki enam kategori jurnal sebagai berikut:
Sinta 1    Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100
Sinta 2    Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n Sinta 3    Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n Sinta 4    Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n Sinta 5    Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n Sinta 6    Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n Dimyati menyebut jurnal yang terindeks SINTA menjadi catatan apik untuk perkembangan jurnal ilmiah di Indonesia. Ia, juga berharap masing-masing perguruan tinggi meningkatkan kualitas jurnal ilmiahnya.

"Di Indonesia luar biasa bagus dan semakin berkualitas. Ke depannya SINTA  diharapkan menjadi jembatan menuju perguruan tinggi yang berkualitas," ungkapnya.(ati)
 

BERITA REKOMENDASI