3.100 Mahasiswa Siap Ikuti Kelas Bangkit 2022

Lulusan Inspiratif Bangkit 2021

Syifa Nur Aini, salah satu lulusan inspiratif Bangkit dalam diskusi bersama Plt. Dirjen Diktiristek menceritakan pengalamannya saat mengikuti program Bangkit tahun lalu. Lulusan Bangkit 2021 kurikulum machine learning ini memiliki kondisi ekonomi sulit, namun tak menggoyahkan semangatnya untuk tetap kuliah. Ia pun memutuskan menjadi ojek online, bangun jam 5 pagi untuk narik sebelum ke kampus.

Di tahun keempat studinya ketika mulai memikirkan masa depan, ia akhirnya menemukan Bangkit. Setelah mengikuti program ini, keterampilannya di bidang machine learning semakin terasah. “Setelah 900 jam belajar di Bangkit, saya mendapat sertifikasi Tensorflow Developer. Di sini saya juga belajar time management sehingga membuat saya lebih bisa mengatur waktu dan mendorong saya untuk berani mencoba dulu dalam hal apapun. Setelah lulus dari Bangkit, saya dipercaya menjadi IT Manager di Trapo Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Farrel Athaillah Putra adalah pemimpin proyek inkubasi “Naratik” yang dihasilkan oleh Bangkit 2021. Ia juga bercerita, “Naratik hadir sebagai end-to-end batik platform, solusi bagi para home industry batik yang masih berjalan secara tradisional dan kesulitan dalam memasarkan produk padahal memiliki nilai jual yang tinggi.”

Farrel dan timnya mengembangkan tiga produk utama. Pertama adalah Naralens yg memanfaatkan machine learning untuk membantu konsumen batik dalam membedakan teknik pembuatan dan motif batik. Kemudian ada Narashop yang menghubungkan konsumen dengan home industry batik di berbagai daerah sehingga konsumen bisa memesan customized batik yang tentunya eksklusif dan terjamin keasliannya. Terakhir adalah Narauction yang menjadi penyedia layanan lelang batik kuno.

Dari cerita Syifa dan Farrel, Nizam berharap dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa Indonesia untuk bisa mengambangkan bakatnya melalui program-program Kampus Merdeka. “Syifa dan Farrel menyuguhkan pada kita semua tentang arti dari semangat untuk maju, kegigihan, dan inovasi. Ini semua spirit dari Kampus Merdeka,” ujarnya.

Kepada peserta Bangkit 2022 Nizam juga berpesan, “Tunjukkan kreativitas dan inovasi kalian, tunjukkan semangat kalian untuk belajar mendapatkan ilmu-ilmu baru, kompetensi baru yang aplikatif untuk memasuki dunia masa depan kalian.”(*)

BERITA REKOMENDASI