3 Dosen Unimus Lakukan Riset Bersama dengan Perguruan Tinggi Jepang

KANAZAWA,KRJOGJA.com – Tiga dosen program studi Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang (TLM Fikkes Unimus) Dr Sri Darmawati MSi, Nasruddin PhD dan Arya Iswara MSi Med saat ini mengunjungi Jepang sekitar seminggu (4-10/11/2019) untuk mengadakan “colaborasi research” atau riset bersama dengan University of Kanazawa Jepang.

Mereka selama seminggu melakukan serangkaian kegiatan ilmiah terkait dengan teknologi plasma untuk kesehatan di antaranya diskusi, kunjungan laboratorium plasma, presentasi ilmiah, dan penjajagan MoU antara Unimus dengan University of Kanazawa Jepang. Sejumlah ahli dari University of Kanazawa Jepang di bidang plasma di antaranya Prof Junko Sugama, Prof Nakatani, Prof Tatsuo Ishijima dan Ass.Prof. Ogai

“Kami berkolabori melakukan seminar, diskusi tentang lab dan manajemen lab terkait teknologi plasma untuk penyembuhan penyakit, kunjungan ke lab plasma di kampus Kakuma. Kami semua  melakukan presentasi, begitupula dari pihak perguruan tinggi Jepang” ujar Dr Sri Darmawati.

Sri Darmawati  mempresentasikan paper tentang “Plasma medicine and decontamination of wound chronic related bacteria” dan Nasruddin PhD mempresentasikan “Plasma medicine for wound healing”. Tim dari Indonesia ini juga mengikuti training sito histoteknology and immunohistochemistry, skin blotting di Jepang. (sgi)

BERITA REKOMENDASI