3 Mahasiswa FTI UAD Lakukan Penelitian Kolaborasi di Jerman

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga mahasiswa Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan melakukan Research Collaboration atau penelitian kolaborasi di Flensburg University Technidche Universitat Berlin dan Leipzig University German sejak 9 Desember hingga 28 Desember. Ketiga mahasiswa itu, Mar'atul Husna, Tifanny Rizka Ariandi dan Lia Septiningsih. 

"Selama di Jermsn tiga mahasiswa itu didampingi dosen pembimbing Dr Ing Suhendta MSc," kata Dr Erna Astuti ST MT, Kaprodi Teknik Kimia FTI-UAD, Jumat (13/12/2019)

Menurut Erna Astuti, aktivitas selama di Jerman melakukan penelitian dan konferensi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas networking penelitian mahasiswa UAD di kedua universitas sesama ilmuwan sebidang. "Harapannya tercipta pemanfaatan SDM dan sarana bersama antarlembaga secara berkesinambungan," ujarnya di kampus 3 UAD, Glagahsari Umbulharjo, Jumat (13/12/2019).

Sedangkan  Mar'atul Husna mengatakan, riset yang akan dikolaborasikan yakni minyak ikan yang merupakan salah satu sumber docosahexaenoic acid (DHA). Tantangan kerusakan lingkungan menyebabkan kesulitan supply minyak ikan berkualitas dan aman dari pencemaran. Oleh karena itu, riset ini mengajukan sumber DHA digunakan berasal dari marine mikroalga dengan spesies Aurantiochytrium yang dikaji memiliki kemurnian DHA tinggi.

Erna Astuti berharap, kolaborasi ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa UAD dibidang penelitian dan pengakuan internasional.(Jay)

BERITA REKOMENDASI