338 Tim Melaju Tahap Final Kihajar STEM 2021

Hasan menambahkan bahwa setiap proses penilaian pada tahap final Kihajar STEM 2021 bersifat objektif dan terbebas dari segala intervensi dari pihak manapun. Panitia, kata dia, telah membentuk dewan juri yang terdiri dari pakar STEM, pakar pembelajaran dan pakar video pembelajaran dari dalam dan luar Kemendikbudristek.

“Setiap dewan juri juga telah menandatangani pakta integritas sebagai wujud menjaga kredibilitas hasil penilaian,” tutur Hasan.

Kihajar STEM 2021 dilaksanakan dalam tiga level, yaitu basic, intermediate, dan final. Pada tahapan final, ada tiga tahapan lagi yang harus dilalui oleh peserta, yaitu tahap pembuatan video problem solving, video tema, dan presentasi.

Lebih dari 685 video berbasis STEM yang menerapkan Engineering Design Process (EDP) dihasilkan oleh finalis Kihajar STEM 2021. Proses EDP terdiri dari mengidentifikasi masalah, melakukan proses brainstorming, menentukan permasalahan/solusi, dan diakhiri membuat purwarupa. Proses ini akan melatih peserta memecahkan permasalahan yang terjadi di dunia nyata.

Sejak tanggal 25 Juli 2021 setiap tim yang masuk ke tahap final telah membuat video problem solving dan video tema yang diberikan panitia, dengan rincian sebagai berikut. Pembuatan video problem solving yang sudah berlangsung pada 25 Juli hingga 8 Agustus 2021 lalu berhasil merampungkan 83 video jenjang SD, 99 video jenjang SMP, 100 video jenjang SMA, dan 65 video jenjang SMK. Total keseluruhan ada 347 video.

BERITA REKOMENDASI