4 Mahasiswa Asal Thailand ‘Magang Ngajar’ di Solo

SOLO (KRjogja.com) – Empat calon guru dari Thailand selama satu bulan melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengajar di SMP Negeri 4 Solo, 11 Juli-26 Agustus. Mereka adalah peserta program Southeast Asian Minister of Education (SEAMEO) melalui "Pre Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia" yang melibatkan berbagai universitas di Asean.

Empat mahasiswa itu yakni Ketsri Yuraket dari Universitas Thepsatri Rajbhat, kemudian Theerapat Pikulthong (Universitas Suratthani Rajabhat), Jiratchaya Mawadee (Universitas Chiangrai Rajabhat) dan Montree Laptrakan (Universitas Phranakhon Si Ayutthaya Rajabhat).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Dr Joko Nurkamto menjelaskan program di atas bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengajar di negara lain kawasan Asia Tenggara. Pada sisi lain pertukaran mahasiswa calon guru dalam praktik mengajar, merupakan prioritas kegiatan SEAMEO untuk merevitalisasi pendidikan guru di negara-negara Asean.

"Kegiatan PPL internasional akan memberi kesempatan kepada calon guru memperoleh pengalaman mengajar di negara lain," jelasnya, Jumat (12/8). PPL internasional diikuti 180 mahasiswa calon guru, meliputi bidang pendidikan matematika, IPA, bahasa Inggris dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), FKIP UNS menyertakan sebanyak enam mahasiswa.

Mereka Aziz Mustolih, Putri Safitri, Zahrotunnisa, Citra Mashita dan Afifah Nur M yang ditempatkan di Thailand, serta Maria Ciptaning Sabdo Kawedar yang ditempatkan di Philippines National University, Kota Quezon, Filipina. (Qom)

BERITA REKOMENDASI