58 Mahasiswa Uncen Jayapura Dilatih Olah Data

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 58 mahasiswa Peminatan Epidemologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura Papua mengikuti Workshop 'Health Management Big Data' di Hotel Cavinton Yogyakarta, Selasa (27/2/2018). 

Workshop sehari tersebut merupakan kolaborasi antara Uncen dengan Pusat Studi Dinamika Sosial, Universitas Ahmad Dahlan (PSDS UAD) Yogyakarta.

Ketua PSDS UAD Solikhah SKM MKes DrPH mengatakan, pelatihan manajemen data besar (big data) di bidang kesehatan sangat penting untuk mendukung stakeholders dalam pengambilan kebijakan. Para mahasiswa yang terdiri mahasiswa reguler dan non reguler diajari mengolah dan menyajikan data menggunakan program 'EPI Data'. 

"Sebuah kebijakan akan tepat sasaran jika didukung data yang akurat. Data-data kesehatan penduduk yang sangat besar perlu dikelola menggunakan program yang handal dan bebas human error yaitu Epi Data," terang Solikhah kepada KRjogja.com disela pelatihan.

Bendahara PSDS UAD Rochana Ruliyandari SE MKes mengatakan, pelatihan meliputi materi input data, checking data dan coding serta ekspor data. Bagi mahasiswa reguler yang belum lulus, ketrampilan ini bisa digunakan untuk mendukung tugas akhir, sementara bagi mahasiswa non reguler yang sudah bekerja di pusat layanan kesehatan bisa langsung menerapkan ilmunya untuk memperbaiki data di tempat kerjanya.

 "Target dari pelatihan ini mahasiswa bisa mengolah data dari hasil wawancara/survei kemudian menyajikan dengan baik dalam angka/tabel, sehingga memudahkan pemegang kebijakan untuk menganalisis dan mengambil keputusan," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI