Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengabdian Dosen Harus Adaptif dan Kreatif

YOGYA, KRJOGJA.com – Di masa pandemi covid-19 banyak kendala dihadapi para dosen dalam melakukan kewajiban tri dharma perguruan tinggi, terutama pengabdian kepada masyarakat, di samping pengajaran dan penelitian. Namun begitu, jangan sampai kualitas pengabdian menurun, karena inovasi dari para dosen sangat dibutuhkan masyarakat.

Dr Untung Santosa MSi, reviewer nasional pengabdian masyarakat Ristekdikti mengatakan, tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 mempengaruhi kegiatan pengabdian kepada masyarakat, ditandai ada reduksi cukup besar dari jumlah dana maupun proposal yang diusulkan. “Efek physical distancing atau PSBB bisa mempengaruhi penurunan itu, selain waktu yang sangat terbatas serta problem di perguruan tinggi soal pendanaan,” terang Untung dalam webinar bertema ‘Tantangan dan Tuntutan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Masa New Normal’, beberapa waktu lalu.

Webinar diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta, menghadirkan pembicara lain Prof Dr Rahmawati MSi Ak, Guru Besar FEB Prodi Akuntansi Universitas Sebelas Maret, Ir B Tresno Sumbodo MSi, Dosen Agribisnis UJB dan Dr Erni Ummi Hasanah SE MSi, Dosen FE UJB.

UJB

BERITA REKOMENDASI