Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengabdian Dosen Harus Adaptif dan Kreatif

Menurut Untung, meskipun situasi sedang tidak ideal, namun kegiatan pengabdian kepada masyarkat harus tetap dijalankan oleh perguruan tinggi meski hanya berupa penyuluhan. Tak kalah penting, mitra harus diyakinkan bahwa kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan aman (memperhatikan protokol kesehatan) dan akan membuat perubahan yang lebih baik lagi. “Karena masuk era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), maka pengabdiannya juga berubah. Dosen harus mengerti dan menyadari itu agar selalu adaptif dan kreatif,” katanya.

Tresno Sumbodo mengatakan, ada 8 skema pengabdian kepada masyarakat yang bisa ditawarkan ke Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM). Antara lain Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Program Kemitraan Masyarakat Stimulus, Program KKN-PPM dan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM). “Ketika dosen mengajukan usulan pengabdian, maka sebelumnya dosen tersebut harus sudah memahami dulu panduan yang dikeluarkan DRPM,” katanya.

Dijelaskan Tresno, untuk Program PPDM, soal pengembangan kawasan pedesaan menjadi isu penting dalam 5 tahun terakhir, seperti pendidikan, kesehatan, pangan, lingkungan dan lain-lain. Beberapa contoh pengembangan desa mitra seperti desa sentra kerajinan, desa konservasi, desa mandiri energi, desa wisata, desa sehat. “Sentra-sentra tersebut menjadi science-techno park bagi perguruan tinggi dan dapat dijadikan sebagai objek pengabdian dan pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen,” pungkasnya. (Dev)

UJB

BERITA REKOMENDASI