Akademi Farmasi Bekali Maba Hardskill dan Softskill

YOGYA, KRJOGJA.com – Akademi Farmasi Indonesia (AFI) Yogyakarta mengadakan Program Pengenalan Studi (PPS) bagi mahasiswa baru (Maba) selama tiga hari, Senin-Rabu (3-5/9/2018) di kampus setempat, Jalan Veteran Umbulharjo Yogyakarta. PPS tahun ini diikuti 99 Maba.

Direktur AFI Yogyakarta Andi Wijaya MFarm Apt mengatakan, PPS bertujuan mengenalkan maba tentang kegiatan akademik dan program penunjang di setiap program studi (Prodi), serta gambaran menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian.  "Pengenalan studi ini menjadi bekal awal mahasiswa uagar sukses menempuh studi setidaknya 6 semester (3 tahun) kedepan di AFI Yogyakarta," kata Andi kepada KRJOGJA.com disela kegiatan, Selasa (4/9/2018).

Menurut Andi, selama tiga hari, para maba diberi materi kuliah umum kefarmasian, materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), kewirausahaan, bela negara, NKRI dan wawasan kebangsaan. Setelah PPS, mahasiswa akan mengkikuti malam keakraban (makrab) dan pembekalan softskills di Kaliurang, Jumat-Sabtu (7-8/9/2019) yang juga diikuti para dosen. "Sejak awal kita bangun kebersamaan antara dosen dan mahasiswa," katanya.

Dijelaskan Andi, di era Revolusi Industri 4.0 dan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kesuksean tidak hanya ditentukan dari nilai akademik (hardskill), namun sangat ditentukan dari karakter (softskills) seperti kemampuan berkominikasi, bekerja sama, kedisiplinan dan lain-lain. "Softskill tidak bisa muncul begitu saja, tapi dibentuk. AFI Yogyakarta berupaya membekali mahasiswa kemampuan hardskill dan softskill untuk memenangi persaingan global," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI