Akhir Tahun, UNS Tambah Dua Guru Besar

Material Teknik secara umum bisa dikategorikan 4 jenis, yaitu logam, polimer, keramik dan komposit. Komposit serat alam menjadi salah satu alternatif yang dapat memenuhi kriteria material di atas. Kini telah digunakan sebagai material pengganti untuk material-material yang sering digunakan seperti plastik, kayu, besi.

Sementara Prof Adi Ratriyanto mengatakan, ada dua hal utama yang menarik terkait produksi ternak unggas di Indonesia. Pertama, klim tropis di Indonesia dengan temperatur tinggi dan yang kedua pelarangan penggunaan antibiotik dalam pakan ternak. Unggas termasuk jenis ternak homeotherm dengan temperatur optimal berada pada kisaran 18-22°C.

Tingginya temperatur lingkungan, apalagi ditunjang oleh perubahan iklim dan pemanasan global, menyebabkan ternak unggas mengalami gangguan termoregulasi untuk pelepasan panas dari tubuh, yang akhirnya dapat menyebabkan terjadinya heat stress. Heat stress ini dapat mempengaruhi kondisi fisiologis dan imunitas tubuh. Ternak unggas mulai menunjukkan tanda-tanda heat stress pada temperatur 27°C. Semakin tinggi temperatur lingkungan, maka tingkat heat stress semakin parah yang ditandai dengan meningkatnya respirasi secara evaporatif.

Proses pembuangan panas tubuh melalui radiasi, konveksi, dan konduksi dinilai sudah tidak efisien. Akibat terjadi penurunan performa ternak yang dapat menyebabkan kerugian secara ekonomis.(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI