Akibat Tambang Gamping, Bahaya bagi Anak

Editor: Ary B Prass

 

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dosen Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meraih juara satu presenter terbaik dalam acara the 4th International Conference on Earth Science, Mineral and Energy (ICEMINE) 2021. Dosen ITNY tersebut adalah Akhmad Zamroni ST MSc, Ayu Candra Kurniati ST MSc, Wahyu Endah Christiani Putri SE MAcc.

Akhmad Zamroni mengatakan, ICEMINE adalah acara konferensi Internasional tahunan bertema kebumian dan lingkungan. Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY).

Pada tahun ini, tema yang diusung adalah Stay Safe with Geoscience and Challenges the Mineral and Energy Exploration, Extraction and Conservation to Improve Economic Growth.  Presentasi  dilaksanakan 28 Oktober 2021 secara virtual dengan 108 paper tersaji, sementara the best presenter baru diumumkan, Sabtu (06/11/2021).

Zamroni mengatakan, papernya dengan judul How To Educate Children In The Mining Areas: A Concept To Implement Environmental Education For Elementary Students In Indonesia merupakan hasil luaran tambahan Penelitian Dosen Pemula 2021.

Ditegaskan, dampak lingkungan akibat kegiatan tambang gamping sangat berbahaya terutama bagi anak-anak yang mungkin mereka belum berpikir dewasa tentang bahaya lingkungan akibat tambang seperti polusi udara, pencemaran air dan tanah, dan longsor di area penambangan.

“Kami berharap kedepannya akan ada komunikasi sains antara akademisi dan pemangku kebijakan, dalam hal ini pemerintah agar penelitian Kami dapat menjadi bahan masukan dalam membuat kebijakan. Harapannya guru-guru terutama yang mengajar di kawasan tambang dapat mengajarkan pendidikan lingkungan lebih baik kepada anak-anak SD,” pungkasnya, Minggu (07/11/2021).  (Jay)

 

BERITA REKOMENDASI