Akselerasi Kolaborasi Perguruan Tinggi Indonesia dengan 100 Perguruan Tinggi Tiongkok Top Dunia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Untuk mendorong kerja sama antara perguruan tinggi Indonesia dengan 100 perguruan tinggi top besar dunia di Tiongkok, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing dan ASEAN-China Centre mengadakan webinar bertajuk “Akselarasi Kerja Sama Perguruan Tinggi Indonesia dengan 100 Perguruan Tinggi Tiongkok Top Besar Dunia” pada Kamis (16/9/2021).

Dalam webinar ini dibahas mengenai potensi kolaborasi antara perguruan tinggi Indonesia dan perguruan tinggi Tiongkok yang masuk ke dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik dunia. Dari pihak perguruan tinggi Indonesia, diwakili oleh IPB, sedangkan dari pihak Tiongkok menghadirkan beberapa universitas seperti Tianjin University, Peking University, Zhejiang University, Dongbei University of Finance and Economics (DUFE) dan Sun Yat Sen University.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam menjelaskan bahwa diadakannya pertemuan ini sebagai bentuk upaya untuk mengembangkan pengetahuan antar universitas di Indonesia dan 100 universitas terbaik di Tiongkok. Pada kesempatan ini Nizam mengungkapkan harapannya agar Indonesia dan Tiongkok dapat meningkatkan kolaborasi dan solidaritas.

“Peranan penting pendidikan tinggi salah satunya untuk perkembangan ekonomi. Dari program pertukaran pelajar ini anak-anak dapat belajar dari satu sama lain dan menguatkan pertemanan antarnegara. Dampak lainnya antar profesor juga dapat bekerja sama untuk menyelesaikan masalah yang sama, contohnya seperti dampak pemanasan global dari perubahan iklim. Semoga dalam pertemuan ini juga dapat mempererat hubungan antarpembicara, stakeholders antaruniversitas,” pungkas Nizam di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

BERITA REKOMENDASI