RI-GHA, Alat Rapid Test Asli Buatan Indonesia Segera Diluncurkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Peneliti Indonesia berhasil membuat sendiri alat uji cepat atau rapid diagnostic test (RDT) kit berbasis antibodi untuk medeteksi antibodi (yaitu IgM dan IgG) yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona (Covid-19). Alat rapid test buatan anak bangsa ini diberi nama RI-GHA dan direncakan akan segera diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Mei mendatang.

Koordinator penelitian rapid test, Prof dr Sofia Mubarika Harjana MMedSc PhD dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM mengatakan, inisiatif penelitian datang dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang mengajak para peneliti dari berbagai institusi untuk melakukan penelitian dalam rangka mendukung upaya penanganan wabah Covid-19. Banyak bidang yang diteliti, salah satunya pembuatan rapid test.

“Karena saya sebelumya pernah terlibat dalam pengembangan rapid test untuk virus yang lain maka saya memilih untuk meneliti rapid test untuk Covid-19 ini bersama peneliti-peneliti lain seperti Prof Dr dr Mulyanto dari Laboratorium Hepatika Mataram, Prof Dr drh Fedik Abdul Rantam dan Prof Dr dr Cita Rosita Sigit Prakoeswa SpKK(K) dari Universitas Arilangga (Unair) Surabaya serta Prof dr Tri Wibawa SpMK(K) PhD dari UGM,” terang Prof Rika kepada KRJOGJA.com, Kamis (14/5/2020).

BERITA REKOMENDASI