Ali Ghufron : Dosen S3 Harap Segera Urus Profesor

SLEMAN, KRJogja.com – Dies Natalis UPN ke-59 diisi dengan sidang senat di Auditorium UPN, Jumat (15/12/2017) yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy dan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D selaku Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Kemristekdikti. 

Memberikan orasi ilmiah mengenai peran perguruan tinggi di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, Ali Ghufron mendorong perguruan tinggi meningkatkan inovasi dan peningkatan mutu dosen serta mahasiswa sebagai kader-kader bela negara.

"Dosen-dosen di UPN rupanya telah melebihi nasional. Yang S3 sudah 112 orang atau 23%. Dimana angka nasional adalah 12% ini capaian yang mantap. Kalau sudah S3 mohon segera diurus jabatan akademik tertinggi yaitu profesor. Kenapa? Mumpung musim mudah. Dulu kami musim sulit bertahun-tahun. Sekarang cuma 2 bulan. Jadi profesor hanya naik 3 tingkat, mudah kan," katanya.

SAli juga memaparkan mengenai jumlah publikasi ilmiah Indonesia yang sangat rendah dan kalah dengan Malaysia. Berdasarkan hal ini, kemristekdikti mengeluarkan peraturan bahwa dosen harus menulis. 
"Wah saya langsung diprotes," ujarnya. 

Namun melalui peraturan ini, terbukti jumlah publikasi ilmiah Indonesia meningkat.

"Harapannya semoga UPN dan PTN lain meningkatkan karakter siswa sehingga memiliki kemampuan komunikasi, percaya diri, dan meningkatkan nilai-nilai kebaikan," tandasnya. (MG 19)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI