Anak Muda Antusias Belajar Hidroponik

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Budidaya tanaman sayuran dengan metode hidroponik di yogyakarta khususnya ternyata cukup pesat perkembangannya. Dari hari ke hari semakin banyak warga dari beragam lapisan tertarik menggeluti teknik tanam tidak terkecuali anak muda khususnya mahasiswa.

 

Seperti yang dilakukan himpunan mahasiswa program studi pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) belum lama ini di kampus 3 UAD dengan menggelar pelatihan hidroponik untuk mahasiswa. Kegiatan bagi mahasiswa program studi pendidikan biologi UAD ini cukup diminati.

"Kegiatan ini menghadirkan pembicara ibu zuhrotus salamah dari prodi pendidikan biologi uad bersama bapak ferry selaku praktisi budidaya tanaman hidroponik dari yogyakarta. Kedua pembicara mengupas materi budidaya tanaman hidroponik dari segi keilmuan dan praktek di lapangan," kata ketua panitia pelatihan, Fauzan Rahanda.

Fauzan menambahkan bagi mahasiswa, materi ini dapat diharapkan sebagai pengetahuan baru cara bercocok tanam dengan menggunakan media khusus dan perawatan yang berbeda dengan tamanan biasa lainnya. Setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa bisa langsung menerapkan pengetahuannya dilapangan sekaligus menularkan kepada masyarakat lainnya.

Sementara itu koodinator divisi keilmuan dan pengkaderan biologi study club, dela blatama mengatakan mahasiswa khususnya bidang biologi harus memperkaya pengetahuannya dengan konsep baru bertanam salah satunya metode hidroponik ini. Lahan yang semakin sempit dan mobilitas masyarakat modern menuntut konsep baru bertanam yang praktis dan ekonomis. "Budidaya tanaman hidroponik selain sebagai trend yang sedang berkembang juga merupakan solusi alternatif bagi para penghobis tanaman. Beragam tanaman dapat tumbuh dengan baik melalui media air dan nutrisi ini," tambahnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI