Animo Perguruan Tinggi Vokasi dalam Meningkatkan Program D3 Menjadi Sarjana Terapan Tinggi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto mengatakan animo perguruan tinggi vokasi (PTV) dalam meningkatkan program D3 menjadi sarjana terapan (D4) tinggi.

“Dari hasil survei yang dilakukan, dari 151 responden sebanyak 127 PTV menyatakan berminat dan 24 menyatakan tidak berminat. Namun untuk yang tidak berminat belum didalami, apakah program studi kesehatan atau bukan,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto, dalam webinar yang dipantau di Jakarta, Selasa (14/12/2021) malam.

Untuk program studi kesehatan, lanjut dia, memang membutuhkan perlakuan khusus karena banyak hambatannya di antaranya aturan perundang-undangan. Akan tetapi beda halnya dengan program studi nonkesehatan.

Hambatan lainnya dalam peningkatan program D3 ke D4 atau sarjana terapan adalah persyaratan harus memiliki paten dan kerja sama internasional.

“Memang untuk peraturan yang tidak mengurangi ‘link and match’ kita relaksaasi. Akan tetapi untuk ‘link and match’ tidak kita turunkan. Seperti dosen tersertifikasi maupun kerja sama industri,” jelas dia.

BERITA REKOMENDASI