Arsitek Muda UII Diminta Ikut Ambil Bagian di Pembangunan Calon Ibukota Indonesia

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prodi Arsitektur UII mengambil janji 20 arsitek muda yang lulus pembelajaran lima tahun (4+1), Kamis (16/1/2020). Arsitek muda yang tersertifikasi internasional tersebut diminta ikut ambil bagian dalam pembangunan calon ibukota baru Indonesia di Kalimantan Timur. 

Ketua Jurusan Arsitek UII, Noorcholis Idham mengungkap 20 arsitek muda yang diambil sumpah kali ini merupakan angkatan keempat yang diluluskan selama ini. Menurut dia, mereka selesai menjalani lima tahun pendidikan yakni 4 tahun sarjana arsitektur dan 1 tahun program profesi arsitektur. 

“Bangsa kita sedang giat membangun infrastruktur namun jumlah arsitek kita masih sangat minim. Di depan mata ada pembangunan calon ibukota baru, kami berharap teman-teman arsitek muda kita bisa ambil bagian dalam proyek besar untuk Indonesia tersebut,” ungkapnya usai prosesi pengambilan janji. 

Deni Setiawan, Sekretaris Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Pusat pun menyampaikan harapan serupa agar arsitek muda UII bisa ikut ambil bagian dalam pembangunan di seluruh Indonesia. Saat ini menurut dia dari 170 program studi Arsitektur di seluruh Indonesia baru 30-an yang memiliki prpgram profesi arsitektur. 

“Kami melempar harapan juga agar UII bisa jadi pendorong kampus lain dalam pembentukan pendidikan program profesi arsitek. Kita masih butuh banyak arsitek di Indonesia dan membangun Indonesia bukan hanya dengan karya yang luar biasa,” tandas dia. 

Pembangunan ibukota baru Indonesia diharapkan menjadi waktu bagi arsitek dalam negeri untuk berkarya. Apalagi, arsitek lokal memiliki kelebihan pemahaman budaya, kebiasaan dan pengetahuan mendalam tentang ibukota yang diinginkan masyarakat Indonesia. 

“Arsitek lokal punya kelebihan mengerti tentang wilayah, kebudayaan dan kultur. Mungkin arsitek asing punya skill atau ilmu tapi pemahaman kebiasaan dan bagaimana sebaiknya ibukota orang Indonesia ya orang kita sendiri. Kami yakin pasti ada kolaborasi dan dengan adanya sertifikasi ini kita bisa ikut di dalamnya,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI