Bagi Para Pemula, Bisnis Inovatif Model Kanvas

BANTUL, KRJOGJA.com – Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan STIE Muhammadiyah Kalianda Lampung berlangsung di kampus 4 UAD, Ringroad Selatan, Selasa (06/08/2019). Kegiatan bertema 'Strategi Membangun Mahasiswa Menjadi Pengusaha Muda Indonesia Berpendidikan Tinggi dan Memiliki Pola Pikir Pencipta Lapangan Kerja' dibuka Dr Abdul Fadlil MT selaku Wakil Rektor III-UAD. Hadir sebagai narasumber Hari Haryadi SP MSc (Kantor Urusan Bisnis Inovasi/KUBI UAD) dengan moderator Hendy Ristiono MPH Apt (CDC-Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa UAD), tampak hadir pula Dr Dedi Pramono MHum (Kepala Bimawa UAD).

Hari Haryadi dalam kesempatan itu memberi materi seluk-beluk kewirausahaan, membangun jaringan bisnis inovatif, peran universitas untuk mempersiapkan mahasiswa terjun ke dunia bisnis, mengajarkan bagaimana memulai berbisnis dari nol dan merealisasikan ide-ide kreatif berbisnis.

"Kami dari KUBI mengajarkan, training bisnis model kanvas, akhirnya jadi proposal yang keren," ujarnya sambil menyebutkan, bisnis model kanvas, yakni membangun jaringan dengan kunci-kunci dan titik simpul bisnis secara inovatif. Itu dituangkan dalam kertas besar seperti kanvas yang siap ditulisi atau dilukis.

Hendy Ristiono mengatakan, kegiatan ini kerja sama Career Development Center (CDC Bimawa UAD) dan menggandeng KUBI-UAD. Intinya mengajak mahasiswa menggeluti bisnis sejak awal. Pada akhirnya nanti, selain menggunakan ijazah juga memiliki kemampuan bisnis. "Tidak harus mencari kerja, tetapi mampu menciptakan lapangan kerja," tandasnya.

Safadli, alumni STIE Muhammadiyah Kalianda kepada KR mengatakan, sebagai alumni dan pengusaha dimintai membersamai 51 mahasiswa dan sejumlah dosen. Mahasiswa bersama Khilwa Ilmi SE MSi, Susilawati SSos MIP, keduanya Wakil Ketua II dan III STIE Muhammadiyah Kalianda. Dosen yang membersamai Drs Umar Sanusi MM, Dra Maria Anna MM dan Herwanto MM.(Jay)

BERITA REKOMENDASI