Bekali Lulusan Dasar Agama untuk Membangun Bangsa

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 707 orang wisudawan/wisudawati jenjang diploma, sarjana, magister dan doktor mengikuti prosesi wisuda dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor Periode II Tahun Akademik 2017/2018 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Gedung
Multipurpose Prof Amin Abdullah kampus setempat, Rabu (21/02/2018).

"Kami berharap lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diwisuda kali ini mampu membawa nilai-nilai positif yang diterima di dunia pendidikan untuk diaplikasikan di tengah msyarakat," tutur Rektor UIN
Sunan Kalijaga Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD di di hadapan wisudawan/wisudawati yang didampingi orangtua/wali dalam kesempatan tersebut.

Prof Yudian juga berpesan kepada wisudawan untuk tetap teguh memegang nilai dan ajaran yang telah diperoleh tersebut. Termasuk turut andil dalam mempertahankan eksistensi NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945. Hal tersebut sebagai bagian dari hubungan antara Islam dan negara yang sebenarnya tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Yudian juga menegaskan komitmen bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dapat menguasai bahasa Arab dan Inggris. Salah satu realisasinya dengan kewajiban mahasiswa untuk menguasai baca dan tulis Al Quran serta harapan minimal hafal Al Quran Juz 30.

"UIN Sunan Kalijaga sedang merancang pembangunan pesantren mahasiswa sebagai tempat pembinaan dasar-dasar agama, pembentukan pemahaman moderasi Islam, pembentukan karakter dan 'akhlakul karimah' dan lainnya," ungkap Prof Yudian.

Berdirinya Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara (PSPBN) juga sebagai ikhtiar untuk menjaga pilar-pilar dasar negara serta menjaga toleransi dalam keberagaman di tengah masyarakat, bangsa dan negara. (Feb)

BERITA REKOMENDASI