Belanda Menjadi Salah Satu Negara yang Menyediakan Akses Pendidikan Jenjang S2 Bagi Lulusan Diploma 4

JAKARTA, KRJOGJA.com – Belanda menjadi salah satu negara yang menyediakan akses pendidikan jenjang S2 bagi lulusan diploma 4 (Politeknik). Apalagi beberapa universitas ternama di negara kincir angin tersebut juga menyediakan program beasiswa.

Yesaya Galatia Maranatha adalah salah seorang diantaranya. Lulusan D4 Politeknik Negeri Malang (Polinema) tersebut akhirnya lolos seleksi dan berhak mendapatkan beasiswa S2 di University of Twente, Belanda. Tak tanggung-tanggung, Yesaya mendapatkan dua program beasiswa yakni beasiswa dari University of Twente yaitu potongan uang kuliah sebesar 50 persen dan beasiswa dari program Holland Scholarship.

“Banyak orang meragukan, apakah lulusan Politeknik dapat melanjutkan studi S2 ke luar negeri,” kata Yesaya pada acara Virtual Pre-departure Briefing 2021 yang diselenggrakan oleh Nuffic Neso Indonesia, dalam siaran pers yang diterima KRJOGJA.com, Rabu (10/8/2021). Kegiatan yang diikuti 300 pelajar Indonesia tersebut bertujuan memberikan bekal informasi seputar hidup dan belajar di Belanda yang ditujukan kepada mahasiswa Indonesia yang sudah siap berangkat untuk melanjutkan studi di Belanda.

Yesaya mengakui tidak mudah untuk bisa menembus program beasiswa di negeri Belanda. Tetapi dengan semangat, kerja keras, doa dan restu orang tua, Yesaya akhirnya berhasil meraih impiannya pada 2021. “Tahun 2020 lalu sempat mencoba tetapi gagal,” katanya.

BERITA REKOMENDASI