Berikan Pendidikan Tinggi yang Terjangkau

YOGYA (KRjogja.com) – Diusianya yang ke-32 (empat windu) Universitas Terbuka (UT) meneguhkan kembali komitmennya dalam melayani seluruh lapisan masyarakat yang ingin masuk perguruan tinggi, tetapi terkendala hambatan gografis, ekonomis dan sosial. Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), UT memberikan akses pendidikan tinggi yang terjangkau, fleksibel dan berkualitas.

"Diusia empat windu, UT memantapkan jatidirinya sebagai sebuah Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) yang berkualitas," terang Pimpinan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Yogyakarta Dra Diah Astuti MSi kepada wartawan usai senam sehat, puncak acara Dies Natalis ke-32 UT di Kampus UPBJJ UT Yogyakarta, Minggu (4/9/2016). Selain senam, kegiatan lain di antaranya lomba menyanyi, bulutangkis, tenis meja melibatkan siswa-siswi SMA di Kota Yogya.

Sejak diresmikan tahun 1984 berdasar Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984, UT memiliki 4 Fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta satu program pascasarjana. Tahun 2015, UT menyelenggarakan 34 Program Studi (Prodi) terdiri 28 Prodi Sarjana Non-Pendidikan Dasar (Pendas), 2 Prodi Sarjana Pendas dan 4 Prodi Magister.

Dian mengatakan, UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, malainkan menggunakan media cetak maupu non cetak. Sedangkan terbuka diartikan tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah setiap mahasiswa UT harus menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA sederajat) untuk program sarjana dan diploma. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI