Berusia Senja, Kesehatan Gigi Abdi Dalem Kraton Perlu Perhatian

YOGYA (KRjogja.com) – "Pripun kondisine mbak? Kedhah ditambal mboten?" tutur seorang abdi dalem yang sudah sepuh. "Dicek dulu ya pak, nanti kalau perlu penanganan lebih lanjut akan kami lakukan," jawab dokter muda gigi dan mulut yang pada Sabtu (30/7/2016) bersama puluhan tenaga medis gigi dan mulut dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UMY saat melalukan pemeriksaan gigi gratis bagi Abdi Dalem Kraton Yogyakarta.

"Kami sadar memiliki fungsi pengabdian kepada masyarakat selain pendidikan dan pelayanan kesehatan," tutur penanggungjawab program drg Arief Waskitho SpPros dijumpai KRjogja.com sela acara.

Ditambahkan Arief, kegiatan meliputi kerjasama pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis ini baru pertama kalinya dilakukan antara RSGM UMY dan Kraton Yogyakarta. Menurutnya, kerjasama ini sudah semestinya dilakukan menilik historis keberadaan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai induk RSGM UMY yang dekat dengan Kraton Yogyakarta sejak awal berdirinya.

"Kami ingin meneruskan tradisi tersebut sekaligus mengemban filosofi UMY untuk kemaslahatan umat," sebut Arief.

Menurutnya selama ini abdi dalem yang banyak didominasi kalangan sepuh dirasa kurang perhatian terhadap konsisi gigi dan mulut. Untuk itulah RSGM UMY siap memberikan perawatan paripurna, mulai pemeriksaan, penambalan, cabut gigi hingga tindakan lain secara gratis.

Terpisah Wakil Penghageng Parentah Ageng Kraton Yogyakarta KPH Yudhahadiningrat menyebut kerjasama ini sangat membantu Kraton Yogyakarta, terutama dalam hal kesehatan gigi dan mulut abdi dalem. Seperti diketahui menurut pria yang akrab disapa Romo Nur ini, mayoritas abdi dalem sudah berusia sepuh dan hanya memiliki penghasilan dengan nominal kecil. Sebab itu mereka tidak dapat secara konsisten untuk merawat gigi dengan baik.

"Uluran tangan ini sangat membantu untuk merawat gigi dengan baik. Kami harapkan abdi dalem bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan kesehatan gigi dan mulut agar tetap bisa ceria di hari tua," tuturnya. (M-5)

 

BERITA REKOMENDASI