Biji Kopi Percepat Penyembuhan Luka Pasien Diabetes

SLEMAN, KRJOGJA.com – Biji Kopi Merapi tak hanya dikenal memiliki kenikmatan rasa apabila digiling dan diseduh sebagai minuman. Biji kopi satu ini juga bisa diolah menjadi gel untuk mengobati luka pada penderita diabetes. 

Lima mahasiswa UGM yakni Diana Octavirena Antaresty, Fakhri Husain, Maulana Supama Putra, Siti Hartinah dan Giovani Oka Putra Caesar yang menggagas temuan gel biji kopi tersebut. Biji kopi menurut salah satu mahasiswa, Diana Octavirena memiliki kandungan zat aktif yakni caffeine dan chlorogenic acid yabg bisa digunakan sebagai anti bakteria. 

"Dua zat tersebut bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka pada orang dengan diabetes yang terinfeksi Staphylococus aureus resisten methicillin atau MRSA. Kami melihat potensi ada di sisi utara Yogya yakni Merapi, akhirnya kami putuskan mengolah biji kopi Merapi menjadi gel," ungkap Diana Rabu (21/6/2017). 

Menurut Diana biji kopi Merapi disangrai kemudian digiling dan selanjutnya dibuat menjadi gel CMC-Na dengan konsentrasi ekstrak kopi robusta sebanyak 15 persen. "Kami berinama Gel Roco dan sudah kami ujicobakan pada tikus wistar yang diinduksi diabates tipe 2. Setelah 14 hari kami olesi rutin dua kali sehari ada efek kesembuhan yang lebih baik pada luka," ungkapnya lagi. 

Dari evaluasi hasil percobaan, kandungan dalam Roco Gel diketahui mampu membunuh MRSA dan mempercepat penyembuhan luka. Roco Gel ini diharapkan bisa menjadi alternatif pengobatan luka pada penderita diabetes, terlebih komoditi kopi robusta di Indonesia yang terbilang sangat melimpah.  "Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan lagi untuk membantu penderita diabetes menemukan kualitas hidup yang lebih baik," pungkas Diana. (Fxh) 

BERITA REKOMENDASI