Bimbel SD/TK dan Pendampingan TPA Oleh KKNT UAA di Dusun Gandekan

BANTUL, KRJOGJA.com – Mahasiswa KKN Tematik (KKNT) yang terdiri dari gabungan mahasiswa dari berbagai Prodi dari Universitas Alma Ata Yogyakarta (UAA) mulai melakukuan program kerja yang sudah dirancang. Program kerja tersebut meliputi bimbingan belajar, pendampingan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pengajaran) dan pendampingan TPA (Taman Pengajian Al-Qur’an). Proker ini dilakukan oleh semua anggota kelompok 6 dan didampingi oleh mahasiswa dari Prodi PGMI UAA.

Program bimbingan belajar dilaksanakan dua kali seminggu setiap hari Senin dan Sabtu pukul 13.00-15.00 WIB yang berlokasi di Posko KKNT Kelompok 1 Dusun Gandekan. Setelah melakukan sesi perkenalan, anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar tersebut dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan usia dan tingkatan kelasnya. Materi yang diajarkan adalah materi yang sesuai dengan yang dipelajari di sekolah, tujuannya untuk mengasah kemampuan belajarnya, selain itu ada juga konsultasi bagi anak-anak maupun orang tua yang kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah.

Selain memberikan bimbingan belajar, mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang tergabung dalam kelompok ini juga melakukan pendampingan kepada SPS (Satuan PAUD Sejenis) Kenanga yang berlokasi di RT 003 Dusun Gandekan. Diikuti oleh perwakilan mahasiswa KKN bersama 3 pengajar SPS Kenanga. Pendampingan yang dilakukan adalah membantu pembuatan RPP harian untuk proses pembelajaran daring di minggu ke 13, mempersiapkan bahan ajar, dan pendistribusian bahan ajar kepada anak-anak PAUD. Pada saat itu beberapa anak ada juga yang hadir di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga mahasiswa KKNT turut membantu menemani anak-anak bermain sambil belajar.

Pendampingan TPA yang berlangsung adalah Sorogan Iqro/Juz’Amma/Al-Quran, dan pemberian materi Fiqh. Materi disampaikan oleh mahasiswa KKNT dengan pengawasan takmir masjid yang biasa mengajar di TPA tersebut. Pada pertemuan minggu ke 2 ini anak-anak sudah terkondisikan dan tertib mengikuti arahan dari peserta KKNT. Semua kegiatan yang dilakukan oleh peserta KKNT UAA ini bersinergi dengan tema ‘Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pengembangan Potensi Desa’, sehingga semua kegiatan diarahkan untuk pengembangan potensi desa melalui pendampingan pendidikan dan pemberdayaan sumber belajar yang ada di lokasi KKNT tersebut.(*)

BERITA REKOMENDASI