Bina Sarana Informatika Sasar Sekolah Pesisir

YOGYA (KRjogja.com) – Menginjak usianya yang ke-27 Bina Sarana Informatika (BSI) kembali mengadakan ekspedisi kedua yaitu Ekspedisi 27 Sekolah Pesisir dengan tema ‘Merajut Negeri’. Ekspedisi kali ini dilakukan setelah sukses dengan ekspedisi pertamanya, Ekspedisi 25 Gunung dan Desa Terpencil.

Kali ini tim Ekspedisi BSI akan mengukir sebuah prestasi kembali dengan mengunjungi 27 sekolah yang ada di daerah pesisir se-Jawa dan Bali. Kegiatan dilaksanakan tanggal 4 sampai 27 November 2014 di 27 sekolah daerah pesisir. “Ekspedisi ini merupakan agenda rutin dari Bidang Kemahasiswaan BSI. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian BSI terhadap anak-anak usia SD yang terletak di daerah pesisir,” ujar Derry Wiliandani, Ketua Tim Ekspedisi kepada KRjogja.com, Senin (10/11/2014).

Disebutkan, sekolah-sekolah di daerah pesisir membutuhkan dorongan dan semangat untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi. Tentunya hal tersebut menjadi perhatian bagi para mahasiswa yang peduli terhadap anak-anak bangsa. Sehingga pada kegiatan ekspedisi kali inidiikuti oleh 106 relawan yang terdiri dari mahasiswa aktif BSI yang bergabung dengan Unit   (UKM), Senat Mahasiswa maupun mahasiswa aktif BSI lainnya dari seluruh kampus BSI di Indonesia.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah berbagi pengetahuan dan keceriaan melakukan pengabdian berupa pembelajaran bagi anak-anak sekolah dasar yang ada di daerah pesisir,” imbuh Derry.

Lokasi ekspedisi dilakukan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Di daerah Jawa Barat diantaranyaSukabumi, Lebak-Banten, Pandeglang-Banten dan Cilegon, antara lain SDN Cipaku di pesisirpantai Ujung Genteng-Sukabumi, SDN Tanjung Jaya I dan MI Darul Huda di pesisir pantai Tanjung Lesung dan SDN Bayah di kawasan pantai Bayah, Lebak-Banten.

Di pesisir pantai Garut, antara lain SDN Mandala Kasih 04 Desa Mandala Kasih, Pemempeg-Garutdan SDN Jati Mulya III Desa Jati Mulya Pemempeng-Garut. SDN PabeanIlir III dan IV Indramayu di pesisir pantai Indramayu. Di daerah Jawa Tengah diantaranya pesisir Pemalang antara lain SDN 02 Asem Doyong desa Asem Doyong. Di pesisir Semarang antara lain SD Islam Hassanudin dan SDN Mangkang Wetan 01.

Pesisir Kebumen antara lain SDN 2 Tlogodepok dan SDN 1 Sarwogadung. Di daerah Yogyakarta antarain SDN 01 Parangtritis dan SD Sono. Di daerah Jawa – Bali diantaranya pesisir Situbondo, SDN 01 Pasir Putih. Pesisir Madura, SDN 01 Kingking. Pesisir Tuban, SDN 2 Bejidan pesisir Lamongan, SDN 01 Lohgung. Pesisir Jember, SDN Puger Wetan 03. Pesisir Banyuwangi, SD Kedungrejo 02 dan pesisir Bali, SDN 02 Pengambengan.

Sebagian besar sekolah tersebut berbatasan langsung dengan laut dan sebagian besar penduduknya berprofesi sebaga inelayan. Keseluruhan sekolah memiliki tingkat kesadaran dan semangat yang tinggi dalam belajar. Tetapi memiliki keterbatasan pada pengadaan tenaga pengajaran. (Usa)

BERITA REKOMENDASI